Jumat, 22 Jun 2018 16:51 WIB

Mosaik Dunia Islam

Teknik Pengobatan Api Naga di Jalur Sutra China

Fitraya Ramadhanny - detikHealth
Persiapan pengobatan Dragon Fire (Fitraya/detikHealth) Persiapan pengobatan Dragon Fire (Fitraya/detikHealth)
Changji - Jalur Sutra adalah kontak peradaban Islam dan China, bukan cuma perdagangan tapi juga pengobatan. 2.000 tahun kemudian, pengobatan kuno ini masih dilestarikan.

detikHealth bertualang ke Kota Changji di Jalur Sutra Xinjiang, China awal Mei lalu. Saya diajak State Council Information Office China dan Information Office Xinjiang Uyghur Autonomous Region menuju ke Changji City Second Hospital.

Meskipun Xinjiang ada jauh di pedalaman barat laut China, berbatasan dengan Rusia dan Kazakhstan, ada rumah sakit yang modern di Changji dan tidak kalah dengan di kota besar macam Beijing dan Shanghai. Yang membuat rumah sakit ini spesial adalah dua departemen pengobatan China.

"Rumah sakit kami berafiliasi dengan Xinjiang Medical University. Kami punya 800 tempat tidur, 800 staf medis dan non medis dan 25 departemen medis, termasuk 2 departemen pengobatan China," kata Wan Hao sebagai Presiden Changji City Second Hospital.

Untuk pengobatan China ada Departemen Obat-obatan China dan Departemen Pengobatan Tradisional China. Nah yang terakhir ini spesial betul.

"Pasien kami bisa memilih mau pengobatan Barat atau China. Pasien tua banyak memilih pengobatan tradisional dan pasien muda lebih suka pengobatan Barat. Mereka juga boleh berganti metode di tengah jalan. Metode tradisional lebih murah biayanya," kata Wan Hao.

Metode pengobatannya sangat unik, dan saya baru melihatnya pertama kali yaitu Dragon Fire Moxibustion. Pasien tidur telungkup. Di sepanjang tulang punggungnya akan dipasang kain. Kemudian di atas kain ada tumpukan bawang putih, potongan jahe, dan bubuk bunga Moxa (Artemisia moxa).

Ramuan ini lantas dibakar. Burrrr! Api menyala di sepanjang ramuan di atas tulang punggung pasien dan aroma asap menyeruak di ruangan. Satu sesi pengobatan ini makan waktu 1,5-2 jam. Peminatnya 1.000-1.500 pasien/bulan.

Changji City Second Hospital di Kota Changji, Xinjiang, China (Fitraya/detikHealth)Changji City Second Hospital di Kota Changji, Xinjiang, China (Fitraya/detikHealth)


"Ini adalah salah satu metode spesial kami. Teknis ini bermanfaat untuk mengobati ankylosing spondylitis, rheumatoid arthritis, nyeri tulang belakang, nyeri sendi dan nyeri tubuh lain. Dragon Fire ini juga bisa mengobati diare kronis, sakit paru-paru dan menyeimbangkan Yin Yang pada tubuh pasien," jelasnya.

Dragon Fire adalah metode pengobatan tradisional yang ada di Jalur Sutra dan terus dilestarikan sampai sekarang. Metode pengobatan lain dari warisan Jalur Sutra adalah bekam atau cupping.

Ini juga merupakan teknis pengobatan tradisional dalam peradaban Islam. Jalur Sutra menjadi wahana bagi peradaban Islam dan China, berbagi metode pengobatan tradisional. Rumah sakit ini juga memiliki dokter muslim dari etnis Uyghur bernama Ali Jan yang menjadi dokter radiologi.

Satu metode tradisional lain adalah akupunktur yang umum dipraktekan di seantero China. Perjalanan ke Jalur Sutra Xinjiang akan menjadi pengalaman menarik bagi orang-orang yang ingin mencoba pengobatan tradisional China. Di sini, teknis pengobatan Islam dan China bertemu untuk menyembuhkan manusia.

Dr Ali Jan, dokter muslim Uyghur di Changji City Second Hospital (Fitraya/detikHealth)Dr Ali Jan, dokter muslim Uyghur di Changji City Second Hospital (Fitraya/detikHealth)
(fay/up)
News Feed