Sabtu, 23 Jun 2018 10:31 WIB

Pentingnya Asupan Laktoferin untuk Perlindungan Si Kecil

Tia Reisha - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Dalam masa pertumbuhan, asupan yang diberikan untuk Si Kecil harus selalu terpenuhi agar tumbuh kembang dan kesehatannya selalu terjaga. Salah satunya adalah asupan laktoferin yang sangat penting untuk perlindungan daya tahan tubuh Si Kecil.

"Laktoferin adalah bagian dari protein yang secara alamiah terdapat dalam ASI. Laktoferin paling tinggi kadarnya pada kolostrom dan 6 bulan pertama ASI," ujar Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur kepada detikHealth.



Laktoferin bekerja pada sel darah putih untuk memberikan sistem kekebalan tubuh. Nutrisi ini membuat si kecil tidak terinfeksi lebih parah dari virus dan bakteri pada saluran pencernaan dan saluran pernafasan. Sehingga Si Kecil akan terhindar dari diare, infeksi saluran cerna, batuk, pilek, bahkan ISPA.

"Manfaat laktoferin adalah membantu daya tahan tubuh bayi dan anak agar terhindar dari berbagai penyakit infeksi dan mencegah anemia pada anak.
Beberapa penelitian menjelaskan bahwa bayi yang mendapatkan laktoferin mempunyai pertahanan tubuh yang baik dan terhindar dari infeksi jamur, virus, dan bakteri pada penderita infeksi saluran pernafasan dan cerna," jelasnya.



Laktoferin sebenarnya terkandung dalam ASI yang merupakan sumber utama dari nutrisi tersebut. Namun jika Si Kecil sudah berhenti minum ASI, asupan laktoferin bisa didapatkan dari susu formula anak yang telah difortifikasi.

"Pada anak yang sudah tidak mendapatkan ASI, salah satu sumber laktoferin adalah dari susu sapi, tapi kadarnya sangat rendah pada susu sapi dibandingkan dengan ASI. Jadi harus difortifikasi," lanjutnya.

Untuk memenuhi kebutuhan laktoferin, Si Kecil bisa diberikan susu Morinaga Chil Kid Platinum dan Morinaga Chil School Platinum. (mul/ega)
News Feed