Senin, 25 Jun 2018 07:25 WIB

Catat, Tempat-Tempat Ini Paling Disukai Nyamuk untuk Ngumpet

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Foto: Australia Plus ABC Foto: Australia Plus ABC
Jakarta - Rumah tidak terurus karena lama ditinggal mudik bisa menjadi sarang nyamuk. Jika tidak membersihkan dengan benar, maka nyamuk-nyamuk akan itu bisa menularkan berbagai penyakit.

Tapi pernah tidak sih bertanya-tanya jika siang hari hampir tidak terlihat nyamuk, tetapi jika sudah malam bisa langsung diserbu nyamuk. Sebenarnya di mana sih tempat persembunyian nyamuk?

Menurut peneliti nyamuk Triwibowo Ambar Garjito, tempat istirahat nyamuk berbeda-beda, tergantung habitatnya. "Aedes Aegypti di tempat-tempat persembunyian nyamuk seperti tumpukan baju atau gorden, jika gorden digoyangkan atau tumpukan pakaian juga digoyangkan nyamuk akan terbang," katanya.


Beberapa jenis nyamuk lebih aktif di siang hari (diurnal), misalnya Aedes Aegypti yang menularkan Demam Berdarah Dengue (DBD), dan juga Aedes Albopictus. Sementara jenis Anopheles, Culex dan Mansonia, lebih aktif di malam hari (nocturnal).

Tempat yang disukai nyamuk untuk berkembang biak adalah genangan-genangan air. "Tempat penampungan dispenser, tempat penampungan air kulkas, (bagian belakang, untuk tipe yang lama), penampungan air AC dan sebagainya juga berpotensi untuk dijadikan tempat berkembang biak nyamuk selama liburan," kata Triwibowo.

(Nabilla Nufianty Putri/up)
News Feed