Senin, 25 Jun 2018 13:40 WIB

Kehujanan Pagi Ini? Konsumsi Makanan Ini Agar Daya Tahan Tubuh Tidak Turun

Widiya Wiyanti - detikHealth
Konsumsi makanan ini agar daya tahan tubuh tidak turun saat hujan/Foto: thinkstock Konsumsi makanan ini agar daya tahan tubuh tidak turun saat hujan/Foto: thinkstock
Jakarta - Jabodetabek dan beberapa wilayah di Indonesia dituruni hujan sejak tadi pagi. Banyak orang yang kehujanan saat berangkat ke kantor, ke sekolah, ataupun saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

Kehujanan tak dipungkiri bisa membuat daya tahan tubuh menurun yang berujung menjadi flu, demam, dan pusing. Agar itu tak terjadi, yuk konsumsi beberapa makanan ini agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

1. Lemon

Lemon kaya akan senyawa yang disebut bio-flavonoid, yang membunuh radikal bebas penyebab kanker. Lemon juga mengandung vitamin C yang bisa memenuhi setengah dari kebutuhan harian. Mengonsumsi jus lemon atau lemon dengan teh hangat adalah strategi mudah untuk melindungi tubuh dari flu atau infeksi lainnya.



2. Apel

Menurut sebuah penelitian di tahun 2015, orang yang makan apel setiap hari lebih jarang sakit, lebih sedikit muncuk gejala asma. Dan karena kaya akan serat, apel juga dapat membantu mengurangi peradangan yang menjadi infeksi.

3. Bawang putih

Mungkin aromanya menyengat, tapi ternyata bawang putih bermanfaat untuk mencegah infeksi. Para ilmuwan mengatakan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat menangkal masuk angin, serta mengurangi risiko kanker perut, kolon, dan esofagus.

4. Grapefruit

Buah jeruk besar yang kulitnya oranye dan buahnya berwarna merah ini mengandung lebih dari 60 persen kandungan vitamin C harian. Buah ini dapat membantu tubuh menyerap nutrisi penting seperti zat besi. Jika teratur mengonsumsi makanan ini mungkin bisa mengurangi gejala pilek.

5. Jahe

Jahe sangat direkomendasikan untuk mengobati mual. Antioksidan di dalamnya berfungsi sebagai anti-peradangan. Kajian terbaru dari 60 penelitian menemukan bahwa jahe yang mengandung beta-karoten dan capsaicin ini mungkin memiliki efek menguntungkan, yaitu mencegah penyakit seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

6. Daun sage

Duan sage yang bisa dijadikan teh bisa untuk mengatasi sakit tenggorokan, batuk, dan pilek. Salah satu penelitian di Swiss menemukan bahwa daun sage bisa membantu meredakan iritasi tenggorokan.

7. Chamomile (Kamomil)

Bunga chamomile kering yang juga bisa dijadikan teh ini bisa membantu meringankan sakit perut. Bunganya yang mengandung senyata flavonoid dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit. Teh chamomile dengan madu dan irisan lemon bisa dijadikan salah satu strategi menghangatkan tubuh.




(wdw/mrs)
News Feed