Senin, 25 Jun 2018 16:20 WIB

Nggak Nyangka, Ternyata Pemain Sepakbola Lebih Rentan Kena Sakit Gigi

Suherni Sulaeman - detikHealth
Ternyata pemain sepakbola lebih rentan kena sakit gigi/Foto: Getty Images Ternyata pemain sepakbola lebih rentan kena sakit gigi/Foto: Getty Images
Jakarta - Empat dari 10 pemain sepakbola klub papan atas di Inggris cenderung mendapatkan masalah gigi, seperti penyakit gusi dan gigi berlubang, demikian menurut penelitian. Kesehatan gigi yang buruk pada pesepakbola ini disebut dapat mempengaruhi performa mereka di lapangan. Untuk itu, peneliti menyarankan agar para pemain sepakbola mendapatkan perawatan gigi yang tepat.

Studi yang diterbitkan di British Journal of Sports Medicine ini melibatkan enam dokter gigi dan memeriksa 187 pemain dari delapan klub besar, yakni Manchester United, Hull, Brighton dan Hove Albion, West Ham, Swansea City, Sheffield United, Southampton dan Cardiff. Para dokter memeriksa kesehatan mulut dari setiap pemain beserta kebiasaan mereka sehari-hari.

Hasilnya menunjukkan bahwa 37 persen memiliki karang gigi aktif dan 77 persen memiliki setidaknya satu tambalan di giginya, bahkan beberapa pemain membutuhkan lebih dari lima tambalan gigi. 53 persen menunjukkan erosi gigi, 77 persen memiliki radang gusi atau gingivitis, 5 persen memiliki penyakit gusi dan rahang yang cukup parah dan 45 persen secara aktif terganggu oleh kesehatan oral mereka. Dan 7 persen dari pemain mengungkapkan masalah-masalah tersebut mengganggu pampilan atau latihan mereka.



"Ini adalah orang-orang yang berinvestasi begitu banyak dalam diri mereka sehingga temuan mengejutkan terjadi," kata Profesor Ian Needleman seperti dikutip dari Tech Times.

Peningkatan konsumsi minuman olahraga disebut-sebut memang menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan gigi para pemain sepakbola. Meski begitu, peneliti belum menemukan bukti secara konkret apakah keduanya saling berkorelasi atau tidak.

Terakhir, penasihat ilmiah dari British Dental Association, Profesor Damien Walmsley menambahkan bahwa erosi gigi kemungkinan disebabkan oleh tingginya asupan minuman bersoda atau minuman olahraga usai latihan atau pertandingan. Minuman olahraga sendiri sebenarnya tidak selalu mengandung gula yang tinggi. Akan tetapi, tingkat keasaman yang tinggi pada minuman tersebut dinilai dapat merusak gigi.

(hrn/fds)
News Feed
CNN ID World Now
×
World Now
World Now Selengkapnya