Rabu, 04 Jul 2018 09:53 WIB

Tidak Hanya Menguatkan Tulang, Ini Manfaat Lain dari Vitamin D

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Vitamin D dikenal sebagai nutrisi yang baik bagi kesehatan tulang. Namun vitamin ini juga memiliki manfaat lain bagi tubuh. Sebuah studi menyebut pemberian 1.200 IU vitamin D tiap hari selama 4 bulan mampu mencegah infeksi flu di musim dingin hingga 40 persen.

Menurut Medical Officer of PT. Kalbe Farma, dr Anggi Citra Putri, vitamin D merupakan mikronutrisi yang memberikan manfaat kolaborasi bersama kalsium pada pembentukan tulang dan gigi serta menjaga kepadatannya. Selain itu, vitamin D juga dibutuhkan untuk kesehatan otot.

"Vitamin D yang berperan membantu penyerapan kalsium dan fosfor pada akhirnya pun berperan dalam menjaga sistem imun tubuh. Kecukupan vitamin D setiap hari juga penting untuk pertumbuhan ataupun menjaga kepadatan tulang dan gigi yang pada akhirnya bisa membantu mencegah beberapa penyakit yang berhubungan," ujar dr. Anggi kepada detikHealth, Rabu (4/7/2018).



Studi lainnya mengungkapkan kurangnya vitamin D berdampak pada produksi insulin dan toleransi gula. Pemberian vitamin D 2.000 IU per hari mengurangi risiko diabetes hingga 88 persen. Hal ini pun dibenarkan oleh dr. Anggi.

"Penelitian preliminary, defisiensi vitamin D juga berhubungan dengan risiko diabetes tipe 1, nyeri otot, ataupun kanker," ujarnya.

dr. Anggi menjelaskan vitamin D sebenarnya dapat dibentuk oleh tubuh jika tubuh terpapar sinar matahari. Dengan bantuan sinar matahari provitamin D akan mengalami konversi menjadi vitamin D.



Pada orang yang jarang sekali kulitnya terpapar sinar matahari dalam waktu panjang bisa berisiko menderita defisiensi. Dampaknya pasti pada pembentukan tulang dan gigi ataupun kepadatannya.

Maka diperlukan asupan yang mengandung vitamin D, seperti ikan laut, daging-dagingan, kuning telur, dan beberapa makanan yang sudah diforitifikasi dengan vitamin D. Praktisnya lagi, kini kandungan vitamin D bisa didapatkan melalui Xon-Ce Drink yang mengkombinasikan vitamin C dan vitamin D serta dibuat tanpa pemanis buatan. (mul/ega)
News Feed