Sabtu, 07 Jul 2018 19:56 WIB

Tetap Sehat Walau Udara Dingin, Ini Tips dari Dokter

Widiya Wiyanti - detikHealth
Tutupi tubuh dengan pakaian lengkap agar terhindar dari udara dingin yang menyengat. Foto: Thinkstock Tutupi tubuh dengan pakaian lengkap agar terhindar dari udara dingin yang menyengat. Foto: Thinkstock
Jakarta - Udara dingin beberapa hari belakangan ini bisa membuat daya tahan tubuh menurun dan ayal bisa muncul penyakit, seperti batuk, flu, atau infeksi saluran pernapasan.

Tak ingin kan mengalami hal tersebut? Dokter ahli saluran cerna, dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH memberikan tips untuk menghalau penyakit karena udara dingin.

"Tiada lain untuk mensiasati udara dingin kita harus menutupi badan kita agar udara dingin yang menyengat tidak lansung kontak dengan kulit kita. Gunakan jaket yang dapat menutupi seluruh tubuh kita, diusahakan untuk menggunakan pakaian berlapis gunakan tutup kepala tambahan, kaus kaki tebal dan sarung tangan selama berada diluar di saat udara dingin menyengat di luar rumah," tulisnya dalam pesan yang diterima detikHealth.


Selain itu, udara dingin lebih mudah membuat kita dehidrasi. Agar tidak terjadi demikian, usahakan minum cukup air. Ini harus, karena biasanya udara dingin membuat kita cenderung tidak haus.

Jangan minum minuman yang mengandung kafein, karena minuman berkafein seperti kopi dan soda akan memperberat dehidrasi sehingga tubuh justru tidak tahan terhadap udara dingin.

"Jika buang air kecil kita menjadi lebih keruh, hal ini merupakan tanda bahwa kita harus meningkatkan untuk mengkonsumsi air," tutur dokter yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

"Makan merupakan hal penting dan selalu diperhatikan. Apabila asupan makan kita tidak baik tentunya secara umum hal ini juga akan memengaruhi daya tahan tubuh kita. Tetap mengosumsi buah dan sayur-sayuran, diusahakan sebanyak 5 servings," tandasnya.

(wdw/up)
News Feed