Selasa, 01 Des 2009 10:23 WIB

Gangguan Mental Ternyata Penyakit Keturunan

- detikHealth
Edinburgh - Gangguan mental yang dialami seseorang ternyata ada gen penyebabnya yang bisa diturunkan. Telusuri riwayat keluarga apakah ada yang mempunyai gangguan mental sehingga bisa diantisipasi bukan untuk ditakuti.

Karena semua orang punya potensi sakit mental dengan berbagai faktor yang tidak mampu diatasinya. Faktor lingkungan, stres atau trauma bisa memicu seseorang mengalami gangguan mental.

Gen penyebab penyakit mental ini berhasil ditemukan peneliti Skotlandia. Studi ini menjelaskan bahwa penyakit mental bisa diturunkan dan mempengaruhi fungsi otak.

Gen itu adalah ABCA13 yang bersifat inaktif sementara pada beberapa penyakit psikologis seperti schizophrenia, penyakit bipolar dan depresi.

Peneliti membandingkan 2.000 orang pasien psikiatrik dan 2.000 orang sehat. Hasilnya, gen ABCA13 banyak ditemukan pada pasien dengan penyakit mental.

Peneliti percaya, gen itu mempengaruhi molekul lemak pada otak yang akhirnya mempengaruhi kejiwaan seseorang. Studi ini dimuat dalam the American Journal of Human Genetic.

"Ini adalah studi pertama yang menghubungkan kerusakan DNA dengan penyakit mental. Ini bisa jadi petunjuk untuk membuat obat bagi para pasien yang punya penyakit mental," ujar Dr Ben Pickard dari Edinburgh University seperti dilansir BBC, Selasa (1/12/2009).
(fah/ir)