Minggu, 10 Okt 2010 13:52 WIB

1000 Orang Mendadak Joget Bareng, Lalu Bubar Dalam Sekejap

- detikHealth
Jakarta - Hampir setiap hari Minggu, ribuan orang berolahraga di sepanjang Jl MH Tamhrin, Jakarta. Tapi hari ini berbeda, kerumunan massa itu mendadak joget bersama tanpa aba-aba lalu bubar begitu saja beberapa saat kemudian.

Pemandangan di sekitar Halte Tosari Jl MH Tamhrin pagi ini awalnya biasa saja. Tidak ada kendaraan bermotor karena sedang digelar Car Free Day, yang ada hanya aktivitas orang-orang bersepeda, jogging dan olahraga lainnya.

Tepat pukul 08.00 WIB, perhatian massa mendadak tertuju pada seorang pemuda yang tiba-tiba berjoget dengan lincahnya. Dalam hitungan detik, belasan orang yang sesaat sebelumnya masih menuntun sepeda mulai mengikuti gerakan si pemuda.

Menyusul kemudian puluhan orang yang lain, ratusan hingga akhirnya lebih dari 1.000 orang berjoget bersama diiringi lagu Love Today milik penyanyi Inggris, Mika. Begitu kompak, meriah dan tentu saja mengejutkan karena terkesan sangat spontan.

Aksi tersebut semakin mengejutkan karena 4 menit kemudian kerumunan itu bubar begitu saja, lalu melanjutkan aktivitas masing-masing seperti tidak pernah terjadi apa-apa. Semuanya membaur lagi, sulit dikenali lagi siapa saja yang tadi ikut berjoget.

Bukan, kerumunan massa itu tidak sedang kesurupan maupun demo menolak kenaikan harga sembako. Aksi ini disebut flashmob, sebuah konsep performance art yang diadaptasi dari buku Howard Rheingold yang berjudul Smart Mobs: The Next Social Revolution.

Prinsipnya adalah sekelompok manusia mendadak berkumpul di tempat umum, lalu melakukan aktivitas bersama-sama dalam waktu sangat singkat dan langsung bubar untuk kembali ke aktivitas masing-masing. Peserta tidak saling kenal karena persiapannya dilakukan diam-diam, bahkan lokasi baru diberitahukan pada H-1.

Salah satu penyelenggara, Lisasari Koosman mengatakan 1.000-an massa itu diorganisir hanya dalam 25 hari. Latihan secara massal hanya dilakukan 2 kali, selebihnya berlatih sendiri dengan panduan berupa video yang di-download dari internet.

"Lewat aksi ini kami ingin menunjukkan bahwa seseorang dengan tubuh, semangat dan pikiran yang bugar bisa menularkannya pada orang lain. Bahkan seperti yang tadi kita lihat, ribuan orang bisa ikut merasakan semangatnya," ungkap Lisasari yang merupakan Senior Brand Manager Mizone, dalam jumpa pers di restoran Social House, Minggu (10/10/2010).

Selain itu, flashmob ini juga diharapkan bisa memberi efek mengejutkan bagi yang menyaksikan. Menurut Lisasari, hadirnya sesuatu yang berbeda dari rutinitas akan membunuh perasaan jenuh dan membangkitkan kembali semangat hidup.

Meski diklaim sebagai yang flashmob pertama yang digelar dalam jumlah besar di Indonesia, konsep dari aksi ini sebenarnya bukanlah hal yang baru. Tahun 2009, Oprah Winfrey menggelar Kick Off Party berupa joget bersama yang diikuti 21.000 orang dengan iringan lagu I Gotta Feeling yang dibawakan oleh Black Eyed Peas.

Namun paling tidak, flashmob pagi ini telah menghadirkan kejutan yang menyegarkan bagi masyarakat yang berolahraga di sekitar Halte Tosari pagi ini. Kesannya merinding, karena biasanya gerakan massa sebanyak itu hanya terjadi saat tawuran dan nonton sepakbola.

(up/ir)
News Feed