Sabtu, 25 Des 2010 08:10 WIB

Jangan Remehkan Obat Kosong Plasebo

- detikHealth
Massachusetts - Plasebo atau obat kosong yang tidak ada isinya sering dipakai dokter untuk pengobatan pasien tertentu. Biasanya pasien tidak tahu obat yang diberikan adalah plasebo, tapi efek menyembuhkannya lebih dahsyat dari obat betulan.

Fenomena ini dikenal dengan istilah efek plasebo, yakni sembuhnya pasien ketika mengonsumsi obat kosong atau plasebo. Biasanya, plasebo biasanya hanya berisi serbuk laktosa yang tidak memiliki khasiat apapun sebagai obat.

Dalam uji klinis, pemberian plasebo dirahasiakan agar pasien yang dijadikan subjek uji dalam kelompok pembanding tidak terpengaruh. Efek yang terjadi pada kelompok ini lalu dibandingkan dengan kelompok uji yang mendapatkan obat asli.

Namun kadang-kadang efek plasebo muncul, sehingga pasien tetap sembuh meski yang dikonsumsi sebenarnya hanya laktosa. Efek ini muncul karena pasien yang mendapat plasebo tidak tahu apa yang diminumnya, namun sugesti bisa membuat obat itu benar-benar manjur layaknya obat asli.

Bahkan dalam penelitan yang dilakukan di Harvard Medical School baru-baru ini, pemberian plasebo yang tidak dirahasiakan tetap bisa memberikan khasiat menyembuhkan. Meski tahu bahwa yang dikonsumsi hanya obat kosong, beberapa pasien dalam poebnelitian itu bisa sembuh dari iritasi usus.

Penelitian yang dipimpin oleh Prof Ted Kaptchuk ini melibatkan 80 pasien yang dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama tidak mendapat pengobatan, smentara kelompok lainnya mendapat obat kosong dalam kemasan yang terang-terangan ditulisi 'PLASEBO'.

Dalam 3 minggu, perkembangan penyakit para pasien di kedua kelompok mulai kelihatan ada perbedaan. Dibandingkan kelompok yang tidak mendapat pengobatan sama sekali, jumlah pasien yang sembuh pada kelompok yang diberi obat kosong ternyata 2 kali lebih banyak.

"Saya takjub melihat hasil ini. Plasebo bahkan tetap berkhasiat meski pasien diberitahu bahwa obat itu tidak ada isinya," ungkap Prof Kaptchuk seperti dikutip dari Telegraph, Sabtu (25/12/2010).

Dahsyatnya efek obat plasebo diyakini karena pasien meyakini dalam otaknya obat ini menyembuhkan. Jadi jangan remehkan kemampuan otak dalam menyembuhkan penyakit. Obat kosong atau plasebo yang dipakai terbukti bisa sama manjurnya dengan obat asli berkat kekuatan pikiran manusia.

Penelitian tersebut dipublikasikan baru-baru ini dalam jurnal PROS One.

(up/ir)
News Feed