Jumat, 13 Mei 2011 16:48 WIB

Sebutir Apel Bisa Segarkan Napas dalam Kondisi Darurat

- detikHealth
Jakarta - Pada beberapa orang, bau mulut bisa muncul sewaktu-waktu meski sudah gosok gigi sebelumnya. Jika tak suka menggunakan semprotan penyegar mulut, kantongi saja sebutir apel untuk dikunyah pada saat-saat penting agar lebih percaya diri.

Saat-saat penting yang bisa jadi kacau gara-gara bau mulut adalah ciuman, khususnya yang mempertemukan bibir dengan bibir. Oleh karena itu para ilmuwan Korea Selatan mengembangkan varian apel berukuran kecil yang gampang dibawa ke mana-mana dan menamainya Kiss Apple.

Sama seperti apel pada umumnya, Kiss Apple juga mengandung banyak serat dan nutrisi lain yang bermanfaat bagi tubuh. Namun dalam kaitannya dengan ciuman, yang paling bermanfaat tentu adalah seratnya karena bisa memberihkan sisa makanan yang menempel di sela gigi.

Selain itu, kandungan air dalam apel pada umumnya juga bisa membilas pengotor-pengotor lain yang menempel di permukaan gigi. Berbagai masalah bau mulut yang dipicu oleh ketidakseimabngan kimiawi sebenarnya bisa diatasi hanya dengan sebutir apel.

Kelebihan Kiss Apple dibandingkan apel biasa hanya terletak pada ukurannya yang tidak lebih besar dari bola ping-pong. Karena bisa dibawa ke mana-mana dengan tas kecil sekalipun, Kiss Apple diharapkan bisa menjadi solusi dalam kondisi darurat saat napas segar sangat dibutuhkan.

Varian apel khusus untuk berciuman ini diciptakan oleh ilmuwan Korea Selatan, Hwang Hye-sung dari Rural Development Administration. Hye-sung berharap dalam waktu dekat apel ini sudah bisa dibudidayakan secara massal sehingga siapapun bisa menggunakannya.

"Intinya kami hanya ingin kaum muda banyak makan apel sehingga kami ciptakan apel yang mudah untuk dibawa ke mana-mana," ungkap Hye-sung yang menjuluki Kiss Apple sebagai perawatan bau mulut mandiri, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (13/5/2011).

Meski demikian, sebagian warga Korea Selatan menanggapi dingin temuan ini dengan alasan apel yang kecil justru bisa membahayakan. Pasangan yang hendak berciuman biasanya sangat bernafsu, sehingga apel sekecil itu dikhawatirkan akan mudah tertelan kemudian nyangkut di tenggorokan.

(up/ir)