Selasa, 12 Jul 2011 16:11 WIB

Berjuang untuk Kurus Meski Harus Lewat Pengadilan

- detikHealth
Staffordshire - Sebuah rumah sakit menolak permohonan operasi pengecilan lambung (by pass lambung) untuk menurunkan berat badan, dengan alasan si pasien tidak membutuhkannya karena belum terlalu gemuk. Si pasien akhirnya menempuh jalur hukum demi memperjuangkan haknya untuk kurus.

Tom Condliff, mantan polisi di Staffordshire yang memiliki berat badan 139,7 kg dan tinggi badan 188 cm mengajukan permohonan operasi bypass lambung pada Februari 2010. Operasi untuk mengecilkan lambung itu bertujuan agar volumenya mengecil, sehingga nafsu makannya berkurang.

Namun permohonan Tom ditolak oleh Staffordshire Primary Care Trust, klinik yang sedianya akan melakukan operasi tersebut. Sesuai peraturan, bypass lambung hanya boleh dilakukan untuk orang dengan indeks massa tubuh (IMT) di atas 50 sementara IMT pria 62 tahun itu hanya 40.

Tom kecewa dengan penolakan ini karena merasa bahwa masalah yang dihadapinya bukan sekedar obesitas, melainkan juga diabetes dan berbagai komplikasi yang menyertainya. Dikutip dari The Sun, Selasa (12/7/2011), saat ini Tom mengidap 13 jenis penyakit dan mengonsumsi 28 jenis obat secara rutin.

Sejumlah dokter spesialis mengatakan, operasi bypass lambung adalah satu-satunya cara untuk menyembuhkan Tom dari penyakit-penyakit tersebut. Berbagai upaya sudah dilakukan untuk mengurangi berat badan Tom, mulai dari diet hingga obat-obatan namun semuanya tidak berhasil.

Dengan berbekal pendapat dokter-dokter spesialis tersebut, Tom mendatangi Pengadilan Tinggi untuk memohon pengecualian dalam aturan operasi bypass lambung. Meski dikuatkan dengan fakta bahwa Tom sampai harus memakai kursi roda karena penyakitnya, permohonan itu kembali ditolak.

Karena bisa memicu ketidakseimbangan nutrisi, sebagian rumah sakit di Inggris memang hanya melayani operasi bypass lambung untuk penderita obesitas ekstrem. Obesitas ringan juga boleh dilayani, dengan catatan ada indikasi medis misalnya karena menderita darah tinggi.



(up/ir)