Kamis, 14 Jul 2011 09:54 WIB

BMJ: Minum Air 8 Gelas Sehari Tidak Ada Bukti Ilmiahnya

- detikHealth
Jakarta - Anjuran minum 8 gelas air dalam sehari kembali dipertanyakan. Seorang dokter menuliskan di jurnal ilmiah paling top yakni British Medical Journal (BMJ) yang menuturkan bahwa minum 6-8 gelas air sehari hanyalah omong kosong.

"Tidak ada bukti kuat yang mendukung klaim bahwa 6-8 gelas sehari bisa mencegah dehidrasi, jadi klaim itu hanyalah omong kosong," ujar Margaret McCartney dari Glasgow, seperti dikutip dari Telegraph, Kamis (14/7/2011).

Anjuran untuk mengonsumsi banyak air setiap hari masih dipercaya oleh sebagian besar masyarakat. Tapi McCartney menuturkan dalam beberapa penelitian tidak menunjukkan manfaat yang jelas dari minum air sebanyak itu setiap harinya.

Salah satu bukti adalah studi tahun 2002 yang dilakukan oleh Prof Heinz Valtin dari Dartmouth Medical School di AS yang diterbitkan dalam American Journal of Physiology yang menyimpulkan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan seseorang perlu minum yang banyak.

Menurutnya, saran untuk mengonsumsi air 6-8 gelas atau setara dengan 2 liter setiap harinya seringkali digunakan oleh para produsen air minum dalam pesan kesehatannya kepada masyarakat.

Padahal jumlah asupan air minum yang diperlukan oleh seseorang tergantung pada faktor-faktor individual seperti jenis kelamin, usia dan juga aktivitasnya sehari-hari, sehingga bisa saja kebutuhan air tiap orang menjadi berbeda-beda.

Asupan cairan yang kurang memang bisa memicu terjadinya dehidrasi mulai dari yang ringan hingga berat. Gejala yang muncul jika seseorang terkena dehidrasi adalah mulut dan kulit yang kering, warna urine menjadi kuning pekat, jantung berdebar-debar, pusing dan juga lelah. Jika mengalami kondisi seperti ini, maka memang Anda perlu mengukur minum yang pas sampai keluhan seperti itu hilang.

Meski begitu seseorang tetap membutuhkan asupan air yang cukup agar bisa menghasilkan urine sebanyak 2 liter per harinya. Serta perhatikan pula kualitas dari air minum yang dikonsumsinya.

(ver/ir)