Selasa, 08 Nov 2011 15:13 WIB

70 Persen Pasien Kanker Prostat Tahu Saat Sudah Stadium Lanjut

- detikHealth
Jakarta - Kanker prostat diketahui tidak memiliki gejala apapun ketika masih stadium dini, kondisi ini menyebabkan sekitar 70 persen pasien kanker prostat baru diketahui setelah stadium lanjut.

"Sekitar 70 persen pasien yang datang sudah stadium lanjut dan tidak bisa dilakukan terapi kuratif lagi," ujar dr Rahmat Budi Santoso, SpB-U, dalam acara penyuluhan kanker prostat di RSK Dharmais, Jakarta, Selasa (8/11/2011).

dr Santo menuturkan biasanya kalau masih awal benar-benar tidak ada gejala sama sekali, tapi jika kanker tersebut sudah menyebar (metastatis) atau stadium lanjut maka mulai muncul rasa nyeri.

"Metastatis biasanya ke tulang belakang dan timbul rasa nyeri, pegel. Tapi yang ekstrem kalau menyebar ke salah satu bagian yang rapuh bisa menyebabkan lumpuh bagian tungkai bawah," ujar dokter kelahiran 27 April 1970.

Gejala lain yang muncul jika kanker prostat sudah bermetastatis adalah anemia, kelelahan, adanya penurunan berat badan tanpa diketahui sebabnya serta pembengkakan di tungkai bawah akibar aliran darah balik ke jantung yang terganggu.

Untuk itu penting dilakukan deteksi dini, karena pada prinsipnya setiap laki-laki bisa terkena kanker prostat. Pemeriksaan untuk prostat sebaiknya rutin dilakukan setiap tahun sejak berusia 50 tahun, tapi jika dalam garis keluarga ayahnya ada yang terkena kanker prostat maka disarankan sejak usia 40 tahun karena risikonya 2,4 kali lebih besar.

Pemeriksaan yang dilakukan untuk deteksi dini kanker prostat meliputi colok dubur, USG (ultrasonografi) dan PSA (prostat spesifik antigen). Jika hasil colok dubur dan USG dicurigai serta hasil PSAnya tinggi atau lebih dari 4, maka dilakukan biopsi dengan mengambil sampel dari prostat.

"Tapi sayangnya disini tidak semua tercover oleh asuransi, gaji juga tidak seberapa dan masih ada banyak hal yang lebih penting, itu yang bikin deteksi dini di Indonesia masih rendah," ujar dr Santo.

Untuk itu diperlukan penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya melakukan deteksi dini, karena jika kanker tersebut bisa ditemukan sejak dini dna belum menyebar kemungkinan bertahan hidup selama 5 tahun akan jauh lebih besar.

Kanker prostat adalah adanya tumor ganas yang tumbuh di dalam kelenjar prostat, kelenjar ini letakny di depan rektum (bagian akhir usus besar atau sebelum anus) dan mengelilingi bagian bawah kandung kemih atau tempat penyimpanan urine.

(ver/up)