Rabu, 23 Nov 2011 14:38 WIB

SBY Namai Bayi Laki-laki ke-7 Miliar Ahmad Saptaji Adibuwono

- detikHealth
Surabaya - Pada 31 Oktober 2011, seluruh dunia termasuk Indonesia memperingati lahirnya bayi ke-7 miliar di masing-masing negara. Secara simbolis, seorang bayi laki-laki asal Situbondo Jawa Timur dinobatkan sebagai bayi ke-7 miliar yang diberi nama Ahmad Saptaji Adibuwono oleh Presiden SBY.

Bayi ke-7 miliar versi Indonesia ini merupakan anak dari pasangan Bapak Aminullah dan Ibu Hulusinia, warga Dusun Sukorejo, Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Sang bayi lahir pada 31 Oktober 2011, ketika penduduk dunia genap berjumlah 7 miliar.

Nama dan sertifikat bagi bayi ke-7 miliar ini diberikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), namun penyerahannya diwakili oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono.

Penyerahan sertifikat dilakukan dalam pembukaan acara Gardalila dan Peringatan 7 Billion People di Lenmarc, Surabaya yang juga dihadiri oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Sugiri Syarief.

Sedangkan untuk bayi perempuan ke-7 miliar BKKBN baru akan memberikan sertifikat pada 25 Novembver 2011 di Sumatra Barat.

Dalam acara tersebut, Menko Kesra mengatakan orang-orang kaya juga harus memberi contoh terkait program Keluarga Berencana (KB). Meskipun mampu secara ekonomi, orang-orang kaya justru harus mendidik masyarakat lainnya untuk turut partisipasi dalam rencana revitalisasi program KB.

"Apalagi yang ekonominya baik ke masyarakat. Jangan karena mampu dalam segi ekonomi, kemudian nekat memiliki banyak anak," ujarnya seperti dikutip dari detikSurabaya, Rabu (23/11/2011).

Bayi bernama Ahmad Saptaji Adibuwono tersebut menjadi simbolisasi penduduk dunia yang ke-7 milar, mewakili bayi berjenis kelamin laki-laki. Sementara untuk wakil bayi perempuan, penghargaan yang sama akan diberikan pada seorang bayi di Payakumbuh, Sumatera barat yang namanya belum dibocorkan.

Selain di Indonesia, peringatan lahirnya penduduk dunia yang ke-7 miliar juga dilakukan di berbagai negara. Masing-masing negara memiliki caranya sendiri, untuk menyadarkan bahwa dunia semakin penuk sesak.

Misalnya di Filipina, seorang bayi lahir 2 menit sebelum tengah malam pada Minggu (30/10/2011). Oleh perwakilan PBB di negara tersebut, bayi perempuan bernama Danica May Camacho ini langsung dinobatkan secara simbolis sebagai bayi ketujuh miliar.

Jika di Indonesia bayi ketujuh miliar diperingati dengan pemberian nama oleh presiden, negara lain punya cara sendiri-sendiri untuk memperingatinya. Misalnya seperti diberitakan detiknews, di Rusia, pemerintah menyiapkan kado khusus sedangkan di Pantai Gading akan digelar sebuah acara komedi.
 
 


(up/ir)
News Feed