Senin, 19 Des 2011 18:03 WIB

Wonder Woman Juga Takut Kena Kanker Payudara

- detikHealth
Jakarta - Wonder Woman memang jagoan yang bisa mengalahkan penjahat mana pun. Tapi kalau 'penjahatnya' kanker payudara, Wonder Woman juga takut sehingga dia juga harus rajin periksa payudaranya. Begitulah kampanye yang dilakukan Wonder Woman, sehebat apa pun dia tetap bisa kena ancaman kanker payudara.

Kampanye pemeriksaan dini kanker payudara yang melibatkan para tokoh perempuan superhero ini dilakukan di Mozambik, sebuah negara di bagian selatan Afrika. Bukan hanya Wonder Woman, tokoh perempuan super yang lain seperti Storm (X-men) dan She-Hulk juga memeriksa payudaranya.

Gambar para tokoh yang dibuat oleh desainer Maisa Chaves ini sengaja tidak menampilkan muka, hanya sebatas dagu hingga perut. Namun warna kulit, kostum maupun aksesori yang digunakan cukup mengesankan identitas para perempuan superhero tersebut.

"Jika bicara kanker payudara, maka tidak ada bedanya antara perempuan (women) dan perempuan super (superwomen). Semua harus melakukan pemeriksaan sebulan sekali," begitulah penggalan teks yang menyertai poster-poster superhero tersebut, seperti dikutip dari NYDailymail, Senin (19/12/2011).

Kampanye unik untuk menyadarkan pentingnya deteksi dini kanker payudara ini digarap oleh sebuah lembaga swadaya masyarakat bernama Associacao da Luta Contra o Cancer (ALCC). Lembaga ini memang bergerak di bidang pencegahan kanker, melalui deteksi dini yang bisa dilakukan sendiri oleh siapa saja.

Saat ini, kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling banyak diderita oleh perempuan di seluruh dunia. Tingkat kematiannya sedikit lebih rendah dibanding kanker rahim, namun bukan berarti boleh diabaikan karena risikonya tetap tinggi terutama jika sel kanker sudah menyebar ke organ lain.

Salah satu upaya pencegahan dini adalah dengan deteksi dini, yang bisa dilakukan dengan cara meraba dan mewaspadai jika ada benjolan yang mencurigakan. Jika menemukan bejolan, langkah berikutnya adalah melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan mammogram.





(up/ir)