Jumat, 24 Agu 2012 12:52 WIB

Waktu Kecil Suka Ikut Les Musik, Gedenya Jadi Pendengar yang Baik

- detikHealth
ilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta - Meski harus menyita waktu, anak-anak yang diminta orangtuanya untuk mengikuti berbagai kursus alat musik ternyata akan tumbuh menjadi orang dewasa yang mampu mendengarkan dengan baik.

Orang dewasa yang masa kecilnya dihabiskan untuk belajar alat musik juga memiliki kemampuan yang tinggi untuk memproses suara atau bunyi-bunyian jauh lebih baik daripada orang dewasa yang tidak mendapatkan kesempatan itu saat kecil.

Hal ini diungkap sebuah studi baru dari Northwestern University, AS.

Meski hanya mendapatkan pelatihan musik saat masih kecil selama beberapa tahun saja, efeknya mampu meningkatkan respons otak terhadap bunyi-bunyian yang rumit sekalipun. Hal ini tidak terjadi pada orang yang tidak mendapatkan pelatihan musik selama masa kecilnya.

Studi ini juga mengungkapkan bahwa pelatihan alat musik ini membuat pendengaran lebih efektif, terutama saat mendengarkan suara atau bunyi-bunyian dengan frekuensi dasar. Ini merupakan frekuensi suara yang terendah dan krusial dipakai saat berbicara dan mempersepsikan musik, termasuk mengenali bunyi-bunyian yang rumit dan berisik.

"Oleh karena itu, pelatihan musik saat kecil membuat pelakunya menjadi pendengar yang baik ketika menginjak dewasa. Selain mengetahui cara musik membentuk otak, studi ini juga menunjukkan bahwa pelatihan musik jangka pendek pun mampu meningkatkan kemampuan pendengaran seseorang untuk seumur hidupnya," terang peneliti Nina Kraus, seorang profesor neurobiologi, psikologi dan ilmu komunikasi seperti dilansir dari health.com, Jumat (24/8/2012).

(ir/ir)