Jumat, 24 Agu 2012 14:25 WIB

Remaja Cerdas Ciptakan Alat Tes Kanker Mutakhir Lewat Google

- detikHealth
Jack Andraka (dok. BBC News)
Jakarta - Jika remaja lain sedang asyik bermain, Jack Andraka justru sudah memenangkan penghargaan internasional untuk temuannya yang cemerlang. Remaja yang baru berusia 15 tahun ini menciptakan alat tes kanker mutakhir hanya dengan bantuan mesin pencari Google.

Jack Andraka telah menciptakan alat tes kanker pankreas yang 168 kali lebih cepat dan jauh lebih mudah dibandingkan alat tes standar yang sekarang banyak digunakan, seperti dilansir BBC News, Jumat (24/8/2012).

Jack kini sedang mengajukan permohonan paten untuk alatnya dan tengah melakukan penelitian lebih lanjut di Johns Hopkins University di Baltimore, Amerika Serikat.

Percaya atau tidak, Jack dapat menemukan alat tes mutakhir ini dengan bantuan mesin pencari gratis Google. Ia memanfaatkan fasilitas Google untuk mencari makalah ilmiah online yang gratis sebagai alat bantu yang memungkinkannya membuat alat tes kanker.

"Ide itu datang ketika saya 'bersantai di kelas biologi," jelas Jack pada BBC.

Tak hanya lebih cepat dan murah, alat ciptaan Jack juga 100 kali lebih sensitif. Selain itu, tes urine dan darah yang ia ciptakan untuk mendeteksi jenis kanker juga memiliki akurasi 90 persen.

Karena temuannya yang inovatif, Jack menerima penghargaan Gordan E. Moore di Intel International Science and Engineering Fair dan memperoleh hadiah US $75,000. Dia juga mengalahkan lebih dari 1.500 siswa dari 70 negara untuk penghargaan tersebut.



(mer/ir)