Jumat, 31 Agu 2012 14:25 WIB

Nenek yang Melahirkan Cucu dari Rahimnya Sendiri

- detikHealth
Linda dan Angel (dok. KSEE) Linda dan Angel (dok. KSEE)
Lexington, AS - Linda Sirois baru saja melahirkan seorang bayi lucu beberapa minggu yang lalu. Namun yang dilahirkan dari rahimnya bukanlah anaknya, melainkan cucunya sendiri. Kok bisa?

Linda Sirois (49 tahun) melahirkan Madden Brian Hebert pada 17 Agustus yang lalu. Madden tampak seperti bayi pada umumnya, lucu dan menggemaskan. Hanya saja bayi munggil itu lahir dari rahim sang nenek, bukan ibunya.

Orangtua kandungnya adalah Angel Hebert (25 tahun) dan Brian Hebert (29 tahun). Sang bunda, Angel, menderita gangguan jantung yang membuat kehamilan tidak mungkin baginya.

Linda pun sudah menawarkan diri selama bertahun-tahun bahwa ia siap menjadi ibu pengganti bagi putrinya sendiri. Tapi Angel tak pernah menganggapnya serius. Barulah pada akhir tahun lalu, Angel dan suaminya memutuskan ingin memiliki anak dengan bantuan ibu pengganti.

Mereka pun mulai melakukan pemeriksaan di klinik kesuburan. Beberapa diantaranya menolak dengan alasan usia. Usia Linda memang sudah cukup tua untuk menjadi ibu pengganti, namun Reproductive Science Center di Lexington akhirnya menyetujui untuk melakukan proses bayi tabung, mengingat faktor kesehatan Linda yang cukup baik.

Linda mengatakan yang ia lakukan bukanlah hal yang luar biasa. Menurutnya, pernah ada wanita berusia 60 tahun yang juga melakukan hal serupa.

"Saya tidak bisa melihat mereka menjalani kehidupan tanpa anak, sementara saya mampu membantu mereka," ujar Linda Sirois kepada Bangor Daily News, seperti dilansir Medicaldaily, Jumat (31/8/2012).

November lalu, dokter menciptakan embrio dengan menggunakan telur dan sperma dari pasangan Angel dari Briandson. Embrio pun ditanamkan pada rahim Linda melalui proses in vitro fertilization (IVF) alias bayi tabung.

Pada 14 Desember 2011, Linda dinyatakan positif hamil. Untuk pertama kalinya dalam 20 tahun terakhir ia hamil lagi dan mengatakan bahwa ini adalah kehamilan yang termudah baginya. Tidak ada komplikasi bahkan morning sickness.

Menariknya, putri sulung Linda, Kristal Duval (26 tahun) juga sedang hamil anaknya sendiri di waktu yang bersamaan. Dan cucu pertama Linda lahir pada 9 Juni 2012, sedangkan cucu kedua lahir dari rahimnya sendiri.

Awal bulan ini, sang cucu yang dilahirkannya, Madden Brian Hebert, lahir melalui operasi caesar dan semua anggota keluarga baik-baik saja.

"Saya melihatnya seolah saya sedang menjaga bayi selama beberapa bulan. Ini seperti menyewakan ruangan," tutup Linda.





(mer/ir)