Kamis, 07 Feb 2013 15:47 WIB

Kerupuk Mengandung Plastik?

Bedakan Kerupuk yang Digoreng Pakai Plastik & yang Tidak dengan Dibakar?

- detikHealth
Foto: Facebook
Jakarta - Kabar makanan yang digoreng dengan campuran plastik kerap terdengar. Di jejaring sosial pun beredar cara membedakan kerupuk yang digoreng dengan plastik dan yang tidak. Konon caranya adalah dengan dibakar.

Dalam info yang beredar di jejaring sosial Facebook, ditampilkan gambar kerupuk yang sedang dibakar. Api tampak berkobar di salah satu bagian kerupuk berwarna putih. Lalu ditampilkan pula gambar kerupuk dengan bagian gosong setelah dibakar.

Informasi cara membedakan kerupuk yang digoreng dengan plastik dan yang tidak memunculkan anggapan kerupuk semacam itu benar-benar ada di pasaran. Hal ini patut diwaspadai karena makanan yang digoreng dengan campuran plastik tentunya memunculkan dampak negatif kesehatan.

"Inilah cara untuk memeriksa apakah gorengan dan kerupuk digoreng dengan minyak yang dicampur plastik atau Styrofoam. Kalau dibakar dengan api akan menyala seperti plastik saat dibakar dan akan hitam mengkilat seperti pada gambar. Kalau tidak dicampur plastik, maka hitamnya akan berbeda (hitam kusam, sama seperti ayam atau ikan bakar)," demikian penjelasan di bawah foto tersebut.

Konon kerupuk yang digoreng dengan minyak yang dicampur plastik akan selalu renyah dan tidak cepat lembek. Namun benarkah cara membedakan kerupuk yang digoreng dengan minyak dicampur plastik adalah dengan cara dibakar seperti itu? Nantikan tulisan selanjutnya di detikHealth hari ini, Kamis (7/2/2013).
(vit/up)