Jumat, 15 Mar 2013 13:06 WIB

Susu Punya Nutrisi Lengkap, Tapi Jangan Berlebihan

- detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Susu sudah diminum manusia sejak ribuan tahun lalu. Meski ada orang yang alergi dengan susu hewan, namun secara umum susu memiliki nutrisi lengkap. Namun jangan pernah mengonsumsi susu secara berlebihan ya.

"Pada yang tidak bermasalah atau tidak alergi, susu merupakan pelengkap nutrisi yang simpel namun lengkap. Tepatnya 200-500 ml per hari. Tetapi jangan pernah menganggap susu merupakan superfood. Ini juga tidak benar," terang Sekretaris I (Bidang Organisasi) Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Piprim B. Yanuarso, Dr.,Sp.A, dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Jumat (15/3/2013).

Bahkan menurut dr Piprim, ada orang tua yang sampai memberikan 15 botol susu dalam sehari kepada anaknya. Jika diberikan secara berlebihan maka bisa mengganggu keseimbangan gizi dan pola makan.

"Yang kita anut sekarang adalah gizi seimbang, kalau alergi dengan susu ya bisa diganti dengan yang lain," imbuhnya.

Susu dan produk-produknya mengandung kalsium yang akan membuat postur tulang anak lebih baik daripada yang kekurangan kalsium. Selain itu masih ada nutrisi lain yang lengkap dan simpel untuk dikonsumsi.

"Yang paling baik itu fresh milk dan jangan termakan sama iklan-iklan susu sekarang. Susu UHT atau fresh milk langsung itu lebih banyak nutrisinya dan nutrisi susu itu harus terus dikonsumsi. Tetapi bisa dengan cara lain, dairy product kan banyak, jadi tidak mesti minum susu," paparnya.

Nah bagi orang yang sudah berhenti masa pertumbuhannya, minum susu bukan lagi sebuah kewajiban. "Tetapi jangan sampai karena isu miring akhirnya jadi melarang orang mengonsumsi susu karena susu memberikan dampak yang baik dan memiliki nutrisi yang lengkap seperti tadi saya jelaskan," terang dr Piprim.

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Karena itu konsumsilah susu atau produk susu dalam jumlah yang wajar agar manfaat sehatnya bisa dirasakan.

(vit/up)