Minggu, 19 Mei 2013 08:01 WIB

Banyak Minum Minuman Berpemanis Buatan Picu Risiko Batu Ginjal

- detikHealth
Foto: Ilustrasi Thinkstocks
New York -
Para pakar telah merekomendasikan untuk mengurangi konsumsi minuman berpemanis buatan seperti soda dan jus buah berkemasan dalam rangka mencegah obesitas dan diabetes. Sebuah studi baru pun menemukan bahwa konsumsi soda dan jus buah kemasan dalam porsi besar juga meningkatkan risiko batu ginjal.

Menurut tim peneliti dari Brigham and Women's Hospital, Boston, AS, di satu sisi minuman berpemanis buatan seperti teh, kopi dan jus jeruk dikatakan dapat menurunkan risiko pembentukan batu ginjal.

"Namun di sisi lain kami juga menemukan bahwa konsumsi minuman berpemanis buatan juga berisiko meningkatkan pembentukan batu ginjal," ungkap peneliti Dr. Gary Curhan yang juga seorang dokter dari Channing Division of Network Medicine seperti dilansir WebMD, Minggu (19/5/2013).

Studi ini melibatkan 194.000 partisipan yang diamati selama 8 tahun lebih. Setiap partisipan ditanyai tentang riwayat medis, gaya hidup serta konsumsi obat-obatan mereka. Informasi tentang pola makan partisipan juga dikumpulkan setiap empat tahun sekali.

Kemudian peneliti menemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi satu porsi soda atau lebih dalam sehari berisiko 23 persen lebih tinggi untuk mengidap batu ginjal dibandingkan partisipan yang minum satu porsi soda per minggunya. Temuan ini terbukti konsisten bagi partisipan yang minum minuman berpemanis buatan lainnya selain soda seperti jus buah dalam kemasan.

Menanggapi studi ini, dua pakar mengaku sepakat tentang alasan kesehatan di balik upaya menghindari minuman berpemanis buatan.

"Meski tidak ada bukti konklusif jika minuman berpemanis buatan sendiri dapat menyebabkan batu ginjal, gangguan kesehatan lainnya telah lama dilaporkan. Hal ini termasuk diabetes, penyakit kardiovaskular dan obesitas yang juga pada akhirnya dikaitkan dengan pembentukan batu ginjal," kata Dr. Michael Palese, profesor urologi dari Icahn School of Medicine, Mount Sinai, New York City.

Nancy Copperman, direktur inisiatif kesehatan publik dari North Shore-LIJ Health System, Great Neck, N.Y. pun menekankan, "Namun orang dewasa perlu mengonsumsi 6-8 gelas air perhari agar tubuhnya tetap terhidrasi sekaligus mencegah pembentukan batu ginjal. Mengurangi konsumsi minuman berpemanis buatan selain air putih juga membantu menjauhkan orang-orang dari batu ginjal."

Studi ini telah dipublikasikan secara online dalam Clinical Journal of the American Society of Nephrology.

(vit/vit)