Selasa, 11 Jun 2013 13:00 WIB

Survei: Sepertiga Orang Tua Mengaku Punya Anak Kesayangan

- detikHealth
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Anak kesayangan pasti mendapatkan perhatian dan kasih sayang lebih dari orang tua. Tapi yang perlu diingat, anak kesayangan hanya akan membuat saudara-saudaranya merana karena tak mendapatkan porsi kasih sayang yang sama.

Sebuah survei baru mengungkap 34 persen ibu dan 28 persen ayah diam-diam mengakui jika mereka lebih menyayangi salah satu anak mereka dibanding saudara-saudaranya. Dari 2.212 orang ua yang ambil bagian dalam survei ini, 42 persen merasa bahwa berbagai hal menjadi jauh lebih baik jika berkaitan dengan anak-anak mereka. Sedangkan 17 persen responden mengaku dapat melewati masa-masa stres bersama anak-anak mereka, dan 92 persen responden sepakat semua itu sepadan.

Seperti dilansir Daily Mail, Selasa (11/6/2013), menyaksikan anak-anak bermain bersama (32 persen) dan membacakan dongeng untuk anak-anak (24 persen) merupakan dua hal teratas yang disepakati para responden sebagai peranan paling memuaskan sebagai orang tua.

Tapi 42 persen responden mengatakan hal yang paling membuat mereka bahagia sebagai orang tua adalah kasih sayang dan cinta tanpa syarat, kendati bersantai di hari Minggu (40 persen) dan uang (38 persen) adalah hal-hal yang paling sering mereka lewatkan. Tak hanya itu, survei berjudul The State of Parenting Today yang dilakukan oleh situs Parentdish ini menemukan bahwa saking cintanya orang tua terhadap anak-anak mereka, lebih dari separuh orang tua (54 persen) cenderung berbohong kepada orang lain tentang rencana mengajak anak-anak mereka untuk berakhir pekan.

Bahkan hanya satu dari lima orang tua saja yang mengaku tertekan ketika membelikan anak-anak mereka gadget terbaru agar mereka dapat menyesuaikan diri dengan tren atau teman-teman mereka di sekolah.

Yang tak kalah mengejutkan, survei ini juga menemukan bahwa ketika diminta mengganti popok anaknya, pria dapat melakukannya dengan lebih cepat, yaitu rata-rata satu menit 36 detik. Padahal wanita rata-rata membutuhkan waktu dua menit lima detik untuk mengganti popok.

Tamsin Kelly, editor Parentdish, mengatakan, "Para ayah dapat mengganti popok lebih cepat dari para ibu merupakan temuan yang mengejutkan bagi saya, meski saya juga senang melihat makin banyak ayah yang ambil bagian dalam mengasuh anak seperti ini."

"Saya justru tak begitu terkejut ketika mengetahui bahwa para ayah dan ibu cenderung melebih-lebihkan rencana akhir pekan mereka dengan anak-anak, karena menyibukkan anak dengan berbagai aktivitas adalah area kompetisi yang sebenarnya bagi orangtua masa kini," tutupnya.



(vit/vit)