Kamis, 25 Jul 2013 15:46 WIB

Ilmuwan Inggris Ciptakan Pasta Gigi Berisi Kelereng Super Mini untuk Atasi Gigi Berlubang

- detikHealth
(Foto: Thinkstock) (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Gigi sensitif dan gigi berlubang adalah dua gangguan gigi yang paling sering ditemui pada banyak orang. Hingga banyak merk pasta gigi yang berlomba-lomba mengklaim dapat menyembuhkan kedua masalah ini. Namun sekelompok peneliti dari Inggris berhasil menciptakan pasta gigi terobosan yang mengandung kelereng-kelereng super mini untuk membantu mengatasi keduanya.

Kelereng-kelereng yang berukuran tak sebesar sehelai rambut manusia ini dibuat mengandung kalsium dan fosfat, dua komponen krusial yang dimiliki enamel gigi (lapisan pelindung gigi bagian luar yang keras). Mereka khusus diciptakan untuk membantu memperbaiki kerusakan gigi yang membusuk. Demikian dilansir Daily Mail, Kamis (25/7/2013).

Namun peneliti memperingatkan jika kelereng-kelereng super mini ini hanya bisa memperbaiki kerusakan gigi yang tak dapat diatasi hanya dengan menambal gigi.

Selain itu, bola-bola yang terbuat dari kaca fosfat kalsium bikinan tim dokter gigi dan ilmuwan dari Queen Mary, University of London ini juga diklaim dapat mengurangi masalah akibat gigi sensitif. Gigi sensitif biasanya terjadi ketika enamel 'luntur' dan membuat dentin, lapisan di bawah enamel yang lebih halus dan lebih rentan menjadi terbuka.

Ketika pasta gigi yang mengandung kelereng-kelereng ini digosokkan ke atas gigi, kelereng-kelereng tersebut akan menutupi bagian gigi yang enamelnya melemah maupun rusak atau gusi yang mulai terlepas dari si gigi.

Kemudian kelereng-kelereng itu akan larut di dalam kelembaban mulut, dan melepaskan kalsium serta fosfat yang terkandung di dalam 'tubuh' mereka agar dapat menanggulangi masalah kerusakan gigi tersebut.

Dari percobaan awal dilaporkan bahwa kelereng-kelereng ini dapat membentuk sebuah enamel baru di gigi yang rusak dalam waktu kurang dari tiga jam, dan kelereng-kelereng itu bisa larut sepenuhnya di dalam mulut tak sampai 8 jam lamanya.

Meski sudah terdapat beberapa merk pasta gigi yang terbuat dari partikel gelas semacam ini di pasaran, tim peneliti dari Inggris ini mengklaim bahwa pasta gigi buatan mereka bisa larut dalam mulut 8 kali lebih cepat dan membentuk enamel baru lebih cepat dari produk lainnya.

Menurut peneliti, kandungan fosfat pasta gigi mereka yang lebih tinggi dari produk lainnya juga mengindikasikan bahwa kelereng ciptaan mereka dapat memperbaiki kerusakan gigi secara lebih efektif.

Bahan kelereng ini juga bukan sembarangan karena peneliti sengaja memilih gelas yang dapat diuraikan (biodegradable) atau biasa disebut dengan bioglass. Gelas ini juga diketahui memiliki kemampuan untuk menahan kalsium dan fosfatnya di dalam pasta gigi tapi bisa langsung melepaskannya ketika sudah melakukan kontak dengan kelembaban seperti pada lidah di dalam mulut.

Produk ini pun telah memenangkan hadiah sebesar 25.000 poundsterling atau sekitar Rp 392 juta dari Worshipful Company of Armourers and Brasiers karena inovasinya. Diharapkan pasta gigi yang mengandung kelereng super mini ini bisa diluncurkan ke pasaran dalam dua tahun mendatang.





(vit/vit)
News Feed