Selasa, 30 Jul 2013 14:19 WIB

Ditinggal di Mobil Semalaman, Bayi Empat Bulan Ini Meninggal Dunia

- detikHealth
Mobil tempat si bayi ditinggal orang tuanya (Foto: 10News.com)
California - Sepasang suami istri di California Selatan dituduh membiarkan bayi lelaki mereka didalam mobil semalaman hingga bocah itu meninggal dunia. Padahal, saat itu mobil jenis sedan milik pasangan tersebut diparkir hanya beberapa langkah dari apartemen mereka.

Israel Soto (30) dan istrinya Jessica Quezada (23) menjalani persidangan pada hari Minggu lalu dengan dakwaan melakukan tindak kekejaman pada anak yang mengakibatkan cedera atau kematian. Seperti laporan media lokal NBC, dakwaan itu diberikan setelah polisi mengatakan bahwa suami istri itu meninggalkan bayi mereka di dalam mobil.

Si bayi yang tidak disebutkan namanya ditinggalkan di mobil sejak Jumat sore sampai Sabtu pagi. Juru bicara polisi El Cajon, Monica Zak mengatakan kematian anak itu murni kasus kelalaian.

"Ini sampai pada titik di mana serangan panas sangat mematikan dan itu sudah pasti terjadi pada kasus ini," kata Zak kepada NBC, seperti ditulis NY Daily News, Selasa (30/7/2013).

Polisi mengatakan, Soto dan Quezada pergi bersama putra mereka pada hari Jumat untuk berbelanja. Sorenya, saat pulang berbelanja, si anak didudukkan di jok belakang. Baru keesokan harinya sekitar pukul 13.30 waktu setempat, si bayi dikeluarkan orang tuanya dari mobil. Saat itu suhu dilaporkan mencapai 80 derajat.

Salah satu tetangga, Yeremia Jackson (12), mengatakan kepada media lokal 10 News bahwa ia melihat Soto menarik tubuh anaknya yang sudah lemas dari dalam mobil. Ia mengaku sangat panik setelah melihat ada bayi di dalam mobil.

"Setelah membuka pintu mobil, aku melihat si ayah menggendong bayinya dan membawanya ke dalam rumah. Ia nampak sangat ketakutan lalu meletakkan tangan di atas kepalanya dan dia terlihat berdoa dengan harapan bayinya masih hidup," tutur Jackson. Bayi itu pun dinyatakan meninggal sesaat setalah dibawa ke rumah sakit.

Sementara itu, tetangga lainnnya, Larry Singleton mengatakan bahwa dia tidak bisa mengerti bagaimana orang tua bisa meninggalkan anaknya di jok belakang mobil. "Ini konyol, sangat menggelikan," ujar Singleton.

Otopsi akan dijadwalkan untuk memastikan penyebab kematian anak itu. Polisi mengatakan ibu si bayi, Quezada juga terlibat kepemilikan zat yang dikendalikan. Menurut Department of Geosciences di San Francisco State University, sepanjang tahun ini setidaknya 24 anak meninggal dunia karena ditinggalkan di mobil dengan 16 kasus yang disebabkan karena kepanasan.

(vit/vit)