Jangan Sembarang Dikonsumsi, Obat Kuat Ilegal Bisa Sebabkan Stroke

ADVERTISEMENT

Jangan Sembarang Dikonsumsi, Obat Kuat Ilegal Bisa Sebabkan Stroke

- detikHealth
Selasa, 13 Agu 2013 09:34 WIB
Foto: Ilustrasi/ Thinkstock
Singapura - Guna mendapatkan performa yang dapat memuaskan pasangan di ranjang, terkadang beberapa orang memilih mengonsumsi obat kuat. Sayangnya tidak sedikit orang yang tidak berhati-hati dalam mengkonsumsi obat kuat yang dijual sembarangan. Tidak banyak yang tahu bahwa ternyata obat kuat ilegal dapat menyebakan stroke.

Dilansir Asiaone, Selasa (13/8/2013), seorang pria usia 40-an tahun yang tidak disebutkan namanya mengalami serangan jantung dan stroke setelah mengonsumsi pill kuat ilegal. Karena masih belum sembuh dari penyakit strokenya, ia masih belum bisa memberikan keterangan di mana ia mendapatkan obat bernama Li Long Mei Guw Mo Bang yang dikonsumsinya.

"Obat yang dikonsumsinya tersebut ternyata mengandung sildenafil. Sildenafil ini biasanya digunakan untuk pengobatan disfungsi ereksi, dan hanya bisa digunakan jika sudah diresepkan oleh dokter," ungkap Health Sciences Authority (HSA).

Menggunakan slidenaafil tanpa anjuran medis yang tepat dan pengawasan yang ketat dapat menyebabkan efek samping yang serius. Misalnya saja penurunan atau kehilangan penglihatan atau pendengaran, menurunnya tekanan darah, dan stroke.

Pria tersebut diketahui sebagai salah satu dari tiga orang yang sakit parah setelah mengkonsumsi obat kuat ilegal. Pasien pria lainnya yang berumur 50 tahun mengonsumsi pil yang bernama 'Africa Black Ant' yang mengandung komposisi serupa. Akibatnya pria paruh baya ini mengalami sakit pada dada dan sesak napas. Dia mengaku keluhan itu muncul setelah dia mengonsumsi obat kuat dari pedagang asongan. Kini ia masih di bawah pengobatan dan masih belum cukup pulih.

Pasien ketiga, seorang wanita usia 30 tahun, telah mengkonsumsi Ginseng Tu Chong Wan Lin Heong, yang ia beli dari luar negeri untuk menghilangkan nyeri sendi, selama sekitar sembilan bulan. Ia menderita sindrom Cushing yang disebabkan oleh asupan steroid berlebih. Gejala-gejalanya adalah pembengkakan wajah, mata bengkak dan penambahan berat badan.

Penemuan laboratorium mengungkapkan adanya deksametason, kortikosteroid, obat yang hanya diberikan melalui resep dokter. Sedangkan deksametason diambil untuk tujuan anti-inflamasi dan seharusnya hanya digunakan di bawah pengawasan medis yang ketat.

Penggunaan tanpa pengawasan jangka panjang kortikosteroid oral dapat menyebabkan efek samping yang serius, seperti diabetes yang disebabkan oleh peningkatan glukosa darah, tekanan darah tinggi, gangguan pada otot dan tulang, dan peningkatan risiko infeksi.

Li Long Mei Guo Mo Bang dan Africa Black Ant mengandung slidenafil dan dipromosikan sebagai obat peningkatan seksual. Siapapun yang menggunakan obat ini dianjurkan untuk segera menghentikan konsumsi.

Selain itu, siapapun yang menggunakan Ginseng Tu Chong Wan Lin Heong, yang disebut-sebut untuk mengobati arthritis dan nyeri sendi, seharusnya segera berkonsultasi pada dokter, terutama jika penggunaannya sudah lebih dari beberapa minggu.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami masalah kesehatan apapun kondisinya, sebaiknya Anda tidak melakukan pengobatan sendiri dan mencari pengobatan tanpa konsultasi dengan dokter. Anda harus waspada terhadap produk peningkat seksual, jangan sekaliu-kali membeli produk tersebut dari sumber yang meragukan.

(vit/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT