Minggu, 22 Sep 2013 11:59 WIB

Sering Lupa dan Sulit Fokus? Bisa Jadi Kena Alzheimer

- detikHealth
Jakarta - Alzheimer atau penyakit penurunan fungsi otak memang sering dialami para lansia, namun, tak menutup kemungkinan alzheimer juga bisa terjadi pada usia muda. Oleh karena itu tak ada salahnya mulai sekarang, mari kenali tanda-tanda alzheimer.

"Penting mengamati 10 tanda alzheimer yang salah satunya sering lupa atau sulit fokus. Terkait dengan dementia, perlu dilihat juga apakah dementianya masih bisa disembuhkan karena dementia bukan hanya alzheimer, tapi ada dementia lain misalnya meningkatnya tekanan di dalam otak, penyakit gondok, atau kekurangan B12," kata dr Yustiani Dikot.

Pernyataan tersebut diberikan dr Yustiani konser penggalangan dana peduli alzheimer dan dementia bertajuk konser bertajuk The Journey of Caring: Konser Hari Alzheimer Sedunia di Souhana Hall, Gedung Energi, Jl Jend Sudirman, Jakarta, dan ditulis pada Minggu (22/9/2013).

Dikutip dari Alzheimer's Indonesia, berikut ini sepuluh gejala Alzhemier yang patut diperhatikan:

1. Gangguan daya ingat
Sering lupa kejadian yang baru terjadi atau menanyakan serta menceritakan suatu hal berulang kali.

2. Sulit fokus
Terutama yang berkaitan dengan suatu prsedur misalnya cara memasak, memakai baju, tidak bisa menghitung sederhana, dan bekerja dengan waktu yang lebih lama dari biasanya

3. Perubahan perilaku dan kepribadian
Emosi berubah drastis, menjadi bingung, curiga, depresi, takut, tergantung secara berlebihan pada anggota keluarga lain, juga mudah kecewa dan putus asa dalam melakukan pekerjaan.

4. Sulit melakukan kegiatan seperti biasa
Gejala alzheimer salah satunya adalah hal-hal yang kerap dilakukan sehari-hari misal mengemudi atau mengatur keuangan bisa dirasa sulit.

5. Disorientasi
Biasanya bingung terhadap hari, tanggal, atau waktu. Terkadang, mereka bingung di mana mereka berada, tidak tahu bagaimana bisa sampai di suatu tempat, atau lupa jalan pulang ke rumah.

6. Sulit memahami visuospasial
Penderita alzheimer bisa saja mengalami kesulitan dalam mengukur jarak, membedakan warna, menabrak cermin saat berjalan, menuangkan air ke gelas tapi tumpah, atau bahkan tidak bisa mengenali diri sendiri di cermin.

7. Gangguan berkomunikasi
Berupa sulit bicara dan mencari kata yang tepat. Atau kadang-kadang, sering berhenti di tengah percakapan dan bingung melanjutkannya

8. Menaruh barang tidak pada tempatnya
Lupa di mana meletakkan sesuatu bahkan kadang curiga ada yang mencuri atau menyembunyikannya.

9. Salah membuat keputusan
Dalam hal ini misalnya saja tidak bisa menggunakan pakaian yang serasi, tidak bisa memperhitungkan pembayaran saat transaksi jual beli, dan tidak bisa merawat diri dengan baik.

10. Menarik diri
Dalam pergaulan, bisa saja penderita alzheimer tiba-tiba tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas atau hobi. Bisa saja, mereka juga tidak terlalu mau bergaul dengan teman-temannya.

(vta/vta)