Kamis, 24 Okt 2013 07:31 WIB

Manfaat Lain Kopi, 3 Cangkir Sehari Bisa Kurangi Risiko Kanker Hati

- detikHealth
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta - Bagi para pecinta kopi, pasti Anda sudah sering mendengar beragam nasihat yang mengatakan bahwa kopi tidak baik untuk kesehatan, bisa akibatkan sakit jantung, maag dan sebagainya. Nah, berikut ini ada kabar baik untuk Anda.

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa dengan meminum kopi tiga kali sehari bisa mengurangi risiko dari kebanyakan tipe kanker hati, hepatocellular carcinoma (HCC).

Para peneliti di The Mario Negri Institute of Pharmacological Research, di Milan, melakukan meta-analisis dari 16 studi yang terdiri dari lebih dari 3.000 kasus antara tahun 1996 dan 2012 yang melihat hubungan antara konsumsi kopi dan HCC.

Dikutip dari Medical Daily, Kamis (24/10/2013), para peneliti tersebut menemukan sebuah hasil penelitian yang konsisten menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi kopi dalam jumlah sedang, terutama tiga cangkir dalam sehari bisa mengurangi risiko kanker hati sebesar 50 persen.

"Penelitian kami ini mengkonfirmasi klaim sebelumnya yang mengatakan bahwa kopi bagus untuk kesehatan, dan khususnya untuk hati. Efek menguntungkan dari kopi pada kanker hati mungkin dimediasi oleh pembuktian bahwa kopi dapat mencegah diabetes, efek menguntungkannya juga ada pada sirosis dan enzim hati," kata Dr. Carlo la vecchia, dari Departmen Ilmu Klinis dan Komunitas Kesehatan.

Meskipun hubugan antara minum kopi dan penyakit hati kurang dipahami, studi sebelumnya telah menemukan hasil yang serupa. Jika seseorang minum antara satu dan empat cangkir kopi setiap hari terbukti mengurangi risiko jaringan parut hati dan fungsi buruk yang dikenal sebagai sirosis hati, sedangkan minuman berkafein lainnya tidak menunjukkan efek yang sama.

Para penulis mengingatkan bahwa mereka tidak yakin apakah kopi memiliki peran tambahan dalam pencegahan kanker hati. Tapu, dalam hal apapun, peran tersebut akan terbatas dibandingkan dengan apa yang dicapai melalui langkah-langkah saat ini.

The American Cancer Society mengatakan bahwa faktor risiko yang paling signifikan untuk kanker hati adalah infeksi kronis dnegan hepatitis B dan hepatitis C. Dengan mendapatkan vaksinasi untuk dua infeksi ini dan menghindari konsumsi alkohol, seseorang bisa sangat mengurangi risikonya.

HCC adalah penyebab utama ketiga dari kanker yang paling mematikan di dunia dan penyebab utama kematian akibat kanker kesembilan di Amerika Serikat. Selain itu sekitar 78 persen kematian dari HCC adalah hasil dari infeksi yang disebabkan oleh hepatitis B atau C, menurut The Centers for Disease Control and Prevention.

Gejala dari HCC termasuk kehilangan berat badan, nyeri perut bagian atas, mual dan muntah, pembengkakan perut, sakit kuning, putih, dan buang air besar berwarna pucat.


(up/vta)