Kamis, 07 Nov 2013 19:30 WIB

Sama Seperti Tes Kesehatan Lainnya, Dian Sastro Tak Takut Jalani Tes HIV

- detikHealth
Dian Sastrowardoyo (Foto: Dian/detikHealth) Dian Sastrowardoyo (Foto: Dian/detikHealth)
Jakarta - Pemikiran bahwa orang-orang yang melakukan tes HIV hanyalah mereka yang berisiko sangatlah keliru. Setelah beberapa waktu lalu Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama melakukan tes HIV, kini giliran aktris Dian Sastrowardoyo yang melakukan tes HIV.

"Kalau kita berani melakukan deteksi dini HIV, kita juga bisa ajak orang lain supaya berani melakukan tes HIV. Tes HIV kayak tes kesehatan yang lain kok, kayak pap smear atau general check up," kata Dian.

Istri Indraguna Sutowo ini melakukan tes HIV di Unit Pelayanan Terpadu (UPT) HIV-AIDS RS Cipto Mangunkusumo usai menghadiri Konferensi Pers TemanTeman.org 'Pentingnya Tes HIV/AIDS Sejak Dini dan Secara Berkala' di Auditorium Prof. M. Soekarjo RS Cipto Mangunkusumo, Jl Diponegoro, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (7/11/2013)

Aktris yang juga menjadi Brand Ambassador TemanTeman.org ini mengaku merasa sangat terhormat bisa mempunyai kesempatan menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang pentingnya tes HIV.

"Untuk masa depan kita, kita enggak bisa nyuruh orang yang kita curiga dia terinfeksi nih. Harusnya ya diri kita sendiri dulu, kalau kita udah lakukan deteksi, baru ajak orang di sekitar kita untuk melakukan tes ini," papar ibu dua anak ini.

Diakui Dian, HIV-AIDS memang menjadi hal yang sensitif bagi pekerja seni seperti dirinya. Namun, ia menegaskan bahwa dengan dirinya menjadi Brand Ambassador kampanye tes HIV secara dini, bukan berarti ia pro terhadap gaya hidup yang bisa meningkatkan risiko HIV-AIDS.

"Mari kita periksa, terlepas dari hasilnya nanti gimana dan gaya hidup kita seperti apa. Setelah kita tau hasilnya, kita bisa jadi lebih bertanggung jawab pada diri kita dan melakukan hal yang lebih baik lagi untuk gaya hidup kita," jelas Dian.

Saat ditanya apakah ia khawatir dengan hasil tes ini, Dian mengatakan, "Sebenernya kalo aku takut, aku ga bisa ajak temen-temen lain untuk tes. Kita enggak usah takut hasilnya. Setiap orang pasti ada kekhawatiran sendiri-sendiri".





(vit/vit)
News Feed