Minggu, 01 Des 2013 13:31 WIB

Hari AIDS 2013

Sambut Hari AIDS, Pekan Kondom Nasional Diluncurkan Hari Ini

- detikHealth
foto: Reza / detikHealth
Jakarta - Di tengah penolakan sebagian kalangan terhadap kampanye penggunaan kondom di kelompok berisiko, sebuah perusahaan kondom justru mencanangkan Pekan Kondom Nasional. Bentuk kegiatannya dalam sepekan tidak melulu soal kondom.

Kegiatan yang berhubungan dengan kondom justru hanya digelar di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan. DKT, sebuah perusahaan yang memproduksi kondom Sutra dan Fiesta menyediakan board bertilisakan AIDS berukuran 3x2 meter yang disusun dari sejumlah kotak kondom.

Pengunjung yang berminat dipersilakan untuk mengambil kotak-kotak kondom tersebut. Diharapkan, persepsi masyarakat yang masih menganggap kondom sebagai hal yang tabu untuk dibicarakan jadi lebih bisa menerima. Ditegaskan, kegiatan ini bukan untuk menganjurkan seks bebas.

"Ini bukan media penyebaran seks bebas. Karena kalau kondom nggak ada apakah seks bebas akan berkhenti juga? Kan enggak," kata Todd Callahan, Country Manager DKT Indonesia dalam peluncuran Pekan Kondom Nasional di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Minggu (1/12/2013).

Dalam pekan kondom ini pula, kegiatan sosialisasi tentang kesehatan reproduksi juga akan dilakukan melalui 'bus kondom' yang akan berkeliling ke sejumlah tempat nongkrong anak muda. Di antaranya kawasan Parkir Timur Senayan, Kuningan, dan Cilandak Town Square sendiri.

Meski dinamakan bus kondom, bus ini tidak menyediakan kondom gratis. Di dalamnya hanya digelar beberapa kegiatan edukatif, seperti kuis seputar kesehatan reproduksi, pemutaran video edukasi, dan sebagainya.

Begitu keluar dari bus kondom, masyarakar akan mendapatkan goody bag. Lagi-lagi ditegaskan, isi goody bag yang dibagikan bukan kondom melainkan leaflet tentang kesehatan reproduksi, penyakit menular seksual, dan tentu saja informasi tentang HIV-AIDS.


(up/vit)