Jumat, 17 Jan 2014 19:30 WIB

Tolong, Bocah dengan Kanker Kombinasi Langka Ini Butuh Donor Segera

- detikHealth
Margot Martini (Foto: Telegraph)
Roehampton, - Usianya baru 17 bulan, namun Margot Martini sudah mengidap kanker kombinasi langka yang hanya diderita dua orang saja di Inggris. Agar bisa bertahan hidup, ia butuh donor sumsum tulang belakang secepatnya.

Seperti dilansir Telegraph, Jumat (17/1/2014), dua kanker kombinasi langka yang diderita Margot adalah limfoblastik akut dan leukemia myeloid. Berbagai cara telah dilakukan orang tua bocah ini untuk menemukan donor untuknya.

Sebab tak ada satu pun anggota keluarga Margot yang cocok menjadi donor untuknya. Alasan utamanya, Margot adalah ras campuran. Ayahnya Yaser merupakan perpaduan dari Thailand dan Syria, sedangkan sang ibu percampuran antara Inggris dan Selandia Baru.

Margot yang memiliki dua kakak, Oscar (6) dan Rufus (5) juga itu juga telah menghabiskan lebih dari 100 hari dirawat di Great Ormond Street Hospital, London dan menjalani serangkaian kemoterapi. Akan tetapi dokter percaya transplantasi sumsum tulang belakang akan meningkatkan peluang hidupnya secara dramatis.

"Kami tahu kecil sekali peluang kami untuk menemukan seseorang yang bisa menjadi donor yang sempurna untuk Margot, tapi itu lebih baik daripada tak ada peluang sama sekali," tandas sang ayah, Yaser Martini (43) dari Roehampton, South West London.

Ia menambahkan putri kecilnya butuh donasi sel punca dari seseorang yang memiliki tipe jaringan yang sama dengannya. Keluarga ini pun memutuskan untuk mencari donor tersebut ke penjuru dunia. Tapi sayang, hingga kini mereka tak kunjung berhasil menemukannya.

Mereka juga meluncurkan sebuah video kampanye di malam Natal dalam rangka mencari donor untuk Margot ini. Hingga detik ini, video tersebut telah ditonton 47.000 kali, bahkan menarik perhatian selebriti dunia seperti aktor Stephen Fry dan penyanyi Gary Barlow.

Kendati belum berhasil mendapatkan donor untuk Margot, keluarga Martini memperoleh bantuan dari para sukarelawan yang telah mendengar kabar tentang bocah malang ini. Sembari mencari donor, mereka berbondong-bondong mengenakan gelang berwarna pink sebagai bentuk kampanye kesadaran tentang kondisi Margot.

Sejauh ini sudah 20.000 orang yang bersedia dites untuk mengetahui apakah mereka cocok menjadi donor Margot atau tidak. Koordinator Delete Blood Cancer UK, Deirdra Taylor pun terkejut dengan respons yang diberikan masyarakat.

"Kami sangat senang dengan respons ini. Ini berkat keluarga Markot dan lingkaran pertemanan mereka yang telah bekerja tanpa kenal lelah untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit ini," tandasnya.

Bahkan dengan banyaknya sukarelawan yang datang untuk mencoba, ini berarti ada banyak potensi untuk menyelamatkan pasien lain yang berpenyakit langka dan membutuhkan donor sel punca seperti Margot. Menurut Deirdra, makin banyak orang yang bersedia menjadi donor, makin banyak nyawa yang bisa terselamatkan.

"Kita selalu berharap menemukan donor yang sempurna bila banyak yang datang dan mendaftarkan data mereka secara mendetail. Mereka akan ditempatkan dalam database untuk menjadi donor sel punca yang standby dan membantu pasien-pasien seperti Margot, yang begitu ingin menemukan donor mereka," tambah Deirdra.

Namun dengan lebih dari 8.500 karakteristik jaringan yang bisa terjadi dari jutaan kombinasi, memang sangat jarang menemukan dua orang dengan tipe jaringan yang sama.

Keluarga Martini dan Delete Blood Cancer UK pun berencana menggelar 'donor drive' secara nasional yang diadakan di beberapa kota di Inggris, antara lain London dan Wolverhampton pada bulan Februari 2014.

"Bagi mereka yang belum (mendaftar), saya mendorong Anda untuk segera mendaftar agar Anda bisa tahu apakah Anda bisa menjadi donor yang cocok bagi Margot atau seseorang sepertinya. Hanya butuh waktu lima menit untuk mendaftar secara online di www.deletebloodcancer.org.uk dan mereka akan mengirimi Anda swab kit yang bisa Anda pakai sendiri di rumah," tegas Yaser.

Dengan prosedur simpel ini mereka dapat mengetahui apakah sampel sel di pipi mereka cocok menjadi donor sel punca bagi Margot.



(lil/vit)