Selasa, 28 Jan 2014 07:01 WIB

Sextuplet, Seorang Ibu Lahirkan Bayi Kembar 6 Lahir dengan Selamat

- detikHealth
Bayi kembar enam yang lahir di Pakistan (Foto: Getty Images)
Bannu - Seorang wanita di Pakistan baru-baru ini melahirkan bayi kembar enam atau yang disebut sextuplet. Empat bayi berjenis kelamin perempuan dan dua laki-laki.

Seorang wanita yang tidak disebutkan namanya datang ke rumah sakit di distrik Bannu, Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan, untuk melakukan pemeriksaan rutin. Tapi tak disangka, ia malah melahirkan 6 bayi kembar sekaligus.

Dokter mengatakan keenam bayi yang belum diberi nama dan ibunya dalam kondisi sehat dan stabil, setelah proses melewati proses persalinan Jumat (24/1) lalu. "Ibu dan anak-anaknya berada dalam kondisi stabil dan sehat," jelas seorang dokter kandungan di rumah sakit kepada Dawn.com, seperti dilansir Dailymail, Selasa (28/1/2014).

Karena kelahiran sextuplet cukup langka, keluarga yang berasal dari Datta Khel, North Waziristan ini kemudian dipindahkan ke Combined Military Hospital di Bannu untuk observasi lebih lanjut.

Melahirkan bayi kembar lebih dari dua terbilang jarang. Tapi dalam setahun belakangan, ada beberapa kasus kelahiran kembar lebih dari dua yang terjadi di dunia.

Awal bulan ini, seorang ibu melahirkan bayi kembar empat di distrik Bhakkar, Punjab, India. Pada Oktober lalu, seorang ibu rumah tangga bernama Sabira (35), juga melahirkan bayi kembar lima, tiga perempuan dan dua laki-laki, di Khyber Teaching Hospital, Peshawar, Pakistan.

Masih di bulan Oktober 2013, wanita lain melahirkan bayi kembar empat, tiga laki-laki dan seorang perempuan, di distrik Mianwalki, Punjab. Sedangkan pada bulan Juni, seorang wanita mmelahirkan lima bayi di Government Allama Iqbal Memorial DHQ Hospital, juga di Punjab, India.





(mer/vit)