Kamis, 20 Feb 2014 17:27 WIB

Tak Perlu Takut, Ibu Hamil Aman Lakukan Pemeriksaan MRI

- detikHealth
Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta - Meski sama-sama menghasilkan gambar pencitraan, MRI (Magnetic Resonance Imaging) jauh lebih aman dibandingkan dengan scan sinar X karena tidak memberikan radiasi apapun. Bahkan, MRI juga aman dilakukan untuk wanita hamil.

Magnetic Resonance Imaging (MRI) atau pencitraan resonansi magnetik adalah teknik diagnostik medis yang menghasilkan gambaran untuk memeriksa dan mendeteksi kelainan di dalam tubuh, dengan menggunakan medan magnet dan gelombang radio frekuensi.

MRI tidak menggunakan sinar X, sehingga tidak menyebabkan radiasi. MRI dapat menghasilkan gambaran-gambaran dengan potongan sangat tipis dari bagian tubuh manapun dalam waktu yang singkat. MRI merupakan prosedur non invasif dan tidak menyebabkan nyeri. Sampai saat ini, tidak ditemukan efek samping dari MRI.

"MRI boleh dikatakan tidak memiliki efek samping yang berarti. Yang menjadi masalah biasanya (gelombang) radio frekuensinya, yang digunakan untuk merangsang proton-proton di tubuh, sehingga pasien akan merasa tidak nyaman, panas," jelas dr Med. Luqman Adji Saptogino, Sp.Rad (K), Sp.KN, Dokter Spesialis Radiologi RS Pondok Indah, dalam acara temu media di Hotel Mulia, Jl Asia Afrika Senayan, Jakarta, Kamis (20/2/2014).

Tapi dengan teknologi yang terus berkembang, lanjut dr Adji, kini MRI tidak lagi membuat pasien yang tengah diperiksa merasa kepanasan. MRI sangat aman, dengan keamanan bisa disamakan dengan USG (ultrasonography) yang bisa digunakan untuk ibu hamil.

"Ibu hamil tidak apa-apa di-MRI. Yang menjadi masalah adalah media kontrasnya, terutama untuk kehamilan trimester pertama. Tapi kalau tidak menggunakan media kontras, nggak masalah mau MRI tiap hari juga," imbuh dr Adji.

Menurut dr Adji, ibu hamil biasanya dirujuk menggunakan MRI untuk memeriksa adanya kelainan pada janin, adanya perdarahan akibat trauma atau kecelakaan, adanya kelainan pada pembuluh darah seperti stroke, dan tekanan darah tinggi.

"MRI aman untuk ibu hamil. Kita sangat hati-hati menggunakan media kontras, terutama untuk ibu hamil," tutupnya.






(mer/vit)