Selasa, 08 Apr 2014 17:47 WIB

Antisipasi Caleg Stres

RSKD Duren Sawit Sediakan 150 Tempat Tidur untuk Caleg Stres

- detikHealth
ilustrasi: detikcom ilustrasi: detikcom
Jakarta - Pemilu legislatif besok akan memperebutkan kursi anggota dewan mulai dari DPR RI, DPRD Tingkat I, DPRD Tingkat II dan juga DPD. Dari sekitar 200 ribu caleg yang akan bertarung, hanya 19.699 saja yang tersedia. Itu artinya ada kurang lebih 180 rb caleg yang berpotensi gagal menjadi anggota dewan.

Dari mereka yang gagal, tidak sedikit yang akhirnya stres dan akhirnya mengalami gangguan mental. Pada 2009 lalu misalnya, Kementerian Kesehatan melansir ada 7736 caleg yang stres karena gagal menjadi anggota dewan. Rinciannya caleg untuk DPR RI sebanyak 49 orang, DPRD I sebanyak 496 orang, caleg DPD sebanyak 4 orang, dan caleg DPRD II sebanyak 6.827.

Mengantisipasi hal itu Caroline Kawinda, MARS, Direktur Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit, mengatakan pihaknya telah mempersiapkan diri untuk mengantisipasi pasien stres dan gangguan jiwa.

"Ya, siap jika ada yang ingin berobat, caleg ataupun bukan yang ingin ke sini. Kapasitasnya 150 tempat tidur," papar dr Caroline ketika dihubungi detikHealth, Selasa (8/4/2014).

Akan tetapi dr Caroline mengatakan bahwa sebelum dirawat, tentunya harus dilakukan pemeriksaan dulu apakah calon pasien tersebut memang diharuskan untuk dirawat, atau hanya membutuhkan pengobatan. Ia mengatakan bahwa jajaran dokter, psikiater dan psikolog di rumah sakitnya akan siap memeriksa pasien yang datang.

"Ya dia caleg atau bukan, kalau datang ke sini tetap kita periksa. Dilihat dulu gradenya, apakah stresnya masih bisa ditangani dengan obat dan support keluarga, atau sudah membahayakan? Kalau sudah membahayakan baru bisa rawat inap," sambungnya lagi.

Ketika ditanya perihal kemungkinan caleg stres akan datang berobat ke sana, dr Caroline menjawabnya dengan tertawa. Menurutnya kecil sekali kemungkinan caleg yang stres akibat kalah pada pemilu legislatif untuk berobat ke RSKD pimpinannya.

"Kalau caleg mana mau dia berobat ke sini. Nanti dia gabung sama pasien gangguan jiwa lain dari jalanan. Apa nggak malu? Pasti ke rumah sakit swasta Mas, ha ha ha," ujarnya sembari tertawa.

Sebagai gambaran, RSKD Duren Sawit yang terletak di Jl. Duren Sawit Baru No 2, Jakarta Timur ini, mempunyai 150 tempat tidur. Harga kamar untuk rawat inap kategori VIP adalah Rp 350 ribu dengan fasilitas satu tempat tidur pasien, sofa, kulkas dan televisi.

(up/up)