Kamis, 10 Apr 2014 09:02 WIB

Yuk Dicoba, 5 Cara Ini Bisa Tingkatkan Stamina Tubuh

- detikHealth
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkan stamina fisik yang prima. Tak jarang, orang pun banyak yang sering mengonsumsi minuman penambah energi demi menjaga stamina mereka. Apakah itu baik untuk dilakukan? Perlu ada batasan ketika membahas minuman penambah energi maupun stamina. Namun, ada beberapa cara yang diyakini sudah jelas manfaatnya dalam menjaga stamina dibanding melalui minuman berenergi.

Seperti dikutip dari CNN, Kamis (10/4/2014), berikut ini adalah 5 cara yang bisa dilakukan demi menjaga dan mendorong kekuatan stamina di dalam tubuh:

1. Kurangi Waktu Istirahat Ketika Latihan Aktivitas Fisik
Untuk membangun kekuatan otot, batasi waktu istirahat ketika latihan aktvitas fisik. Sebuah artikel tahun 2006 di Journal of Strenght Conditioning and Research menyimpulkan bahwa waktu isitirahat selama kurang dari 30 detik hingga 90 detik adalah cara yang optimal dalam menciptakan stamina tubuh.

2. Perhatikan Keseimbangan
Memotong waktu istirahat dan mendorong tubuh untuk dapat optimal beraktivitas fisik adalah cara yang baik dalam mendapatkan stamina lebih, tapi harus diperhatikan pula bahwa tubuh membutuhkan keseimbangan.

"Jika Anda terus berlatih keras setiap hari tanpa keseimbangan, yang akan Anda dapatkan hanya intensitas tubuh Anda yang semakin lemah," tutur Erica Giovinazzo, seorang pelatih di Brick New York. Erica menyarankan akan lebih baik juga diimbangi dengan aktivitas lain, seperti yoga.

3. Tingkatkan Intensitas
"Jika Anda ingin meningkatkan stamina Anda, maka tingkatkanlah intensitas Anda ketika latihan aktvitas fisik," ujar Giovinazzo.

Menurutnya, ketika intensitas latihan ditambah, maka kita akan merasakan sensasi pembakaran di dalam tubuh yang membuat otot manapun dapat bekerja. "Apapun yang Anda lakukan, bisa itu berlari, bersepeda, atau bahkan push up, Anda akan tahu bahwa Anda harus menambah intensitas ketika Anda semakin bersemangat melakukannya," terangnya.

4. Perhatikan Frekuensi dan Durasi Aktivitas Fisik
Merasakan adanya keringat yang merupakan bukti terjadinya pembakaran di dalam tubuh adalah sebuah tanda bahwa otot telah bekerja. Namun jangan lupa mengenai dua komponen yang berpengaruh pada pembentukan stamina, yaitu frekuensi dan durasi. Pastikan Anda tidak hanya melakukan aktvitas fisik selama satu kali dalam seminggu. American College of Sports Medicine menyarankan bahwa olahraga ataupun aktivitas fisik sebaiknya dilakukan 3 hingga 5 kali dalam seminggu.

5. Sugestikan Pikiran Anda
Satu cara lainnya yang juga penting untuk menambah stamina adalah menggunakan kekuatan pikiran Anda.

"Pikiran kita adalah kunci yang mampu mendorong tubuh kita. Jika Anda ingin menambah stamina, Anda harus bersedia mendorong pikiran Anda. Dan untuk mendorong pikiran Anda, Anda butuh kesediaan dan determinasi yang kuat," saran Giovinazzo.



(vta/vit)