Hati-hati, Meski Sudah Diobati TB Payudara Bisa Muncul Lagi

ADVERTISEMENT

Hati-hati, Meski Sudah Diobati TB Payudara Bisa Muncul Lagi

- detikHealth
Jumat, 11 Apr 2014 07:29 WIB
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Kesembuhan total adalah yang paling diharapkan oleh setiap orang yang terkena penyakit apapun, tak terkecuali tuberkulosis (TB) payudara. Usaha dan 'pengorbanan' yang dilakukan pasien TB payudara dalam mengonsumsi obat-obat selama 6 bulan lebih membuat mereka berharap penyakit yang telah diidap tidak akan pernah kembali lagi.

Namun bagi pasien TB payudara, kemungkinan akan kembali terkena penyakit yang sama masih saja terjadi. Hal ini dikarenakan TB payudara merupakan suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh kuman.

"TB payudara ini kan merupakan infeksi, jadi memang bisa saja kambuh lagi. Sekali pun sudah dilakukan operasi," tutur dr Bahar Azwar SpB(K)Onk, seorang dokter spesialis beda onkologi saat dihubungi detikHealth, dan ditulis pada Jumat (11/4/2014).

Dokter yang berpraktik di RS Muhammadiyah Bandung ini mengungkapkan bahwa kemungkinan kambuhnya TB payudara ini sejatinya hampir sama dengan kambuhnya flu yang bisa kapan saja menyerang manusia. "Kalau misalnya seseorang terkena flu terus minum obat dan akhirnya sembuh, lalu berikutnya ia bisa saja kan terkena flu lagi. TB juga begitu. TB ini kan disebabkan oleh kuman yang memang bisa saja terus menyerang apabila daya tahan tubuh lemah," imbuhnya.

dr Bahar menambahkan, TB payudara bisa kembali kambuh dikarenakan adanya infeksi kembali pada payudara tersebut. Ini mungkin saja dikarenakan kuman yang masuk tersebut memang menyukai salah satu tempat di dalam payudara sehingga si kuman bisa kembali menginfeksi.

"Kalau di kedokteran ini seperti istilah tempat predileksi, artinya sejenis penyakit yang cenderung bersarang di tempat tertentu," tandasnya.



(vta/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT