Selasa, 10 Jun 2014 12:52 WIB

Tren ASI untuk Dewasa

Diminati Pria Dewasa, ASI Olahan Jadi Bisnis Menggiurkan

- detikHealth
illustrasi (thinkstock)
Jakarta - Bukan cuma bayi yang mengonsumsi ASI (Air Susu Ibu), orang dewasa pun belakangan banyak yang menyukainya. Karena semakin banyak peminatnya, ASI olahan pun menjadi bisnis menggiurkan sekaligus kontroversial.

Salah satu perusahaan di Amerika Serikat yang bergerak pada industri ASI adalah Prolacta Bioscience. Perusahaan tersebut memiliki pabrik besar di kawasan California Selatan yang mengolah ASI dari donor dan menambah kandungan nutrisi di dalamnya.

Produk ASI yang telah disempurnakan tersebut dijual dengan cara berlangganan dan disediakan di rumah sakit mitra perusahaan untuk bayi baru lahir. Biaya langganan sekitar Rp 1,6 juta perhari. Perusahaan Prolacta Bioscience tersebut memprediksi keuntungan miliaran dollar untuk ke depannya.

Dalam skala yang lebih kecil, seorang Ibu menyusui di Shenyang, Cina bernama Yan juga menjadi pelaku bisnis ASI tersebut. Yan yang produksi ASInya berlebihan menjual kelebihan tersebut pada sebuah situs jual beli di Cina, 58.com yang menghubungkan mereka yang ingin menjual ASI-nya dengan para pembeli.

Pembeli ASI datang dari kalangan ibu yang kekurangan stok ASI. Setelah kasus ditemukannya kandungan melanin pada produk susu di Cina pada tahun 2008, masyarakat negeri tirai bambu tersebut kehilangan rasa kepercayaannya pada produk susu formula di Cina.

"Jika saya kekurangan ASI, saya lebih memilih membeli ASI orang lain karena saya tidak percaya pada susu bubuk," ujar Fang Lu seorang warga Cina yang baru menikah dan berencana berkeluarga.

Dari penjualan ASI-nya, Yan dapat memperoleh sekitar Rp 9,6 juta dalam sebulan. "Saya menyediakan susu segar ataupun yang sudah beku, tapi Anda harus mengambilnya sendiri," ujar Yan seperti dilansir dari CNN, Selasa (10/6/2014).

Di kalangan orang dewasa, ASI pun banyak diminati. Para binaragawan di Amerika Serikat mengonsumsinya sebagai pengganti suplemen protein dan penambah energi, sedangkan sebagian pria lainnya untuk alasan kesehatan. Mereka membelinya dari forum-forum diskusi di internet.

Sejauh ini belum banyak bukti ilmiah yang mendukung manfaat ASI pada pria dewasa.



(up/up)
News Feed