Selasa, 09 Sep 2014 13:03 WIB

Ini Risikonya Jika Muntah Terus Saat Hamil Seperti Kate Middleton

- detikHealth
Kate dan Pangeran George (dok. detikHot) Kate dan Pangeran George (dok. detikHot)
Jakarta - Kate Middleton, istri dari pewaris tahta Kerajaan Inggris Pangeran William sempat masuk rumah sakit karena terserang Hiperemesis Gravidarum (HG). Bahkan pakar mengatakan penyakit ini dapat membuat Kate dehidrasi dan malnutrisi sebab yang bersangkutan muntah terus-menerus.

"Dehidrasi dan malnutrisi memang dapat menjadi salah satu akibat dari HG. Anda tak akan bisa menelan makanan atau minuman apapun karena muntah terus menerus. Bahkan pada beberapa kasus, cairan harus dimasukkan melalui infus," tutur Dr Daghni Rajasingam, Konsultan Obstetri di Royal College of Obstetricians and Gynaecologists, dikutip dari berbagai sumber, Selasa (9/9/2014).

Jika tak ditangani dengan baik, Dr Daghni mengatakan bahwa tentu saja hal tersebut akan berpengaruh kepada janin Kate. Calon adik Pangeran George tersebut bisa mengalami gangguan pertumbuhan seperti stunting (kerdil), kurus, hingga kemampuan otak yang kurang.

"Efeknya untuk janin adalah stunting, lahir dengan keadaan kurus, dan juga mungkin saja mengalami perkembangan otak yang tak maksimal," sambungnya.

Namun ia tidak serta merta mengatakan bahwa calon anak kedua pasangan Duke dan Duchess of Cambridge tersebut akan mengalami hambatan pertumbuhan. Sebab Kate pun sempat merasakan sakit serupa ketika hamil Pangeran George, anak pertamanya.

Kate memang sempat beberapa kali bolak-balik rumah sakit ketika hamil Pangeran George, anak pertamanya. Meski tetap muntah-muntah dan mual, Pangeran George terbukti lahir dengan selamat dan sehat dengan berat 3,8 kg pada Juli tahun lalu.

Saat ini Kate dan Pangeran William saat ini sedang berada di Amner Hall, kediaman mereka yang berada di daerah pedesaan. Mereka pindah sementara agar Kate dapat merasakan udara segar dan dapat beristirahat lebih nyaman.

"Kate dan William pindah ke Amner Hall awal musim panas ini dan menetap di sana selama kehamilan. Itu adalah rumah di pedesaan milik mereka sehingga keduanya bisa beristirahat dan berjalan-jalan di ladang dan hutan untuk menghirup udara segar, yang mana merupakan penyembuh bagi Kate," urai sumber dari Kerajaan Inggris yang tak disebutkan namanya.

(mrs/vit)
News Feed