Selasa, 09 Sep 2014 18:33 WIB

Kebersihan Toilet Kantor

Seperti Apa Toilet Kantor yang Baik? Ini Saran Dokter

- detikHealth
Ilustrasi (Foto: Thinkstock) Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Toilet memegang peranan penting di berbagai tempat, tak terkecuali di perkantoran. Tempat inilah yang memfasilitasi para karyawan untuk mengeluarkan kotoran tubuhnya. Lalu seperti apa sih toilet kantor yang baik?

"Pintu kamar mandi harus bisa dibuka penuh, tidak terhalang ember atau benda lain," kata dr Meta Hanindita dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Selasa (9/9/2014).

Selain itu, harus memiliki pencahayaan cukup, ventilasi cukup, sumber air bersih cukup, dan jarak dengan wastafel tidak terlalu dekat. Selain itu lantai tidak licin agar penggunanya tidak mudah tergelincir.

"Sebaiknya hindari menempatkan air dalam bak atau ember karena genangan air ini rentan menimbulkan penyakit. Gunakan jetspray atau semprotan air supaya air hanya keluar saat dibutuhkan dengan jumlah yang pas," sambung dr Meta.

Yang tidak kalah penting, toilet juga harus dilengkapi sabun agar setiap pengguna toilet ingat mencuci tangan setelah berkativitas di toilet. Bagaimana dengan tisu? dr Meta lebih menyarankan agar pengguna toilet membawa tisu sendiri.

"Sebaiknya membawa sendiri, karena kita tidak pernah tahu apakah tisu yang tersedia di dalam sempat terciprat kencing orang lain atau tidak. Kecuali tempat tisu di dalam toilet didesain tertutup, tidak apa-apa," saran dr Meta.



(vit/ajg)
News Feed