Rabu, 24 Sep 2014 07:32 WIB

Kabulkan Permintaan Terakhir, Perawat Adopsi Anak dari Ibu yang Sekarat

- detikHealth
Foto: HLN TV Foto: HLN TV
Pennsylvania - Tricia Somers (45) seperti kebanyakan ibu lain senang melihat anak semata wayangnya bermain gembira. Akan tetapi ada rasa sedih dalam diri Somers. Dirinya tidak akan melihat senyum anaknya lagi dalam waktu dekat karena ia didiagnosis mengidap kanker liver ganas stadium akhir.

Somers yang merupakan ibu tunggal atau single mother dari Wesley (8) hanya memiliki satu kekhawatiran dalam hidup. Ia sangat mengkhawatirkan siapa yang akan mengurus Wesley jika nanti dirinya meninggal.

"Hanya dia yang saya punya dan saya harus meninggalkannya. Hal ini sangat sulit dan saya merasa menyesal melakukan itu padanya" kata Somers seperti dikutip dari HLNTV, Rabu (24/9/2014).

Masalahnya Somers tidak punya banyak pilihan. Kedua orang tua Somers telah meninggal karena kanker, adiknya tidak ingin memiliki anak, dan mantan suaminya tidak selalu ada untuk Wesley.

Tetapi kemudian datang perawat dengan nama yang mirip dengan Somers, Tricia Seaman. Somers bertemu dengan Seaman di rumah sakit saat dirinya sedang dirawat di Pinnacle Health's Community General Campus, Harrisburg. Somers dan Seaman merasa ada kecocokan satu sama lain dan mereka kemudian menjadi sahabat karib.

"Dia datang dan saya merasakan rasa nyaman aneh yang luar biasa darinya. Saya tidak pernah merasakan hal ini sebelumnya dan saya berpikir dia akan mengurus masalah saya. Dia orangnya," kata Somers menggambarkan pertemuannya dengan Seaman.

Saat Somers akan keluar dari rumah sakit ia meminta kepada Seaman untuk mengurus anaknya saat dirinya meninggal.

"Jika aku mati bisakah kamu ambil anakku? Bisakah kamu mengurusnya?" tanya Somers kepada Seaman.

Mendengar hal tersebut tentu Seaman merasa kaget. Seaman berkata tidak pernah ada orang yang meminta kepadanya untuk mengambil anak mereka. Tanpa diketahui Somers, permintannya sangat bertepatan dengan rencana Seaman dan keluarga untuk mengadopsi anak.

"Saya pikir saat itu mulut saya terbuka lebar karena terkejut dan saya tidak tahu harus berkata apa. Saya mencoba bersikap diplomatis, tapi di dalam diri saya berkata 'Ya akan aku lakukan," ujar Seaman.

Seaman yang sudah memiliki empat orang anak kini tengah dalam proses pengurusan surat sehingga Wesley bisa langsung diadopsi saat Somers wafat.

Di lain pihak, Somers yang tengah menjalani kemoterapi mengatakan dirinya kini merasa tentram dan ikhlas menerima keadaan.

"Saya merasa damai dan ikhlas. Saya tahu Wesley akan diurus dengan baik," tutup Sommers.

(up/up)