Selasa, 30 Sep 2014 07:30 WIB

Ilmuwan Buktikan Kaus Kaki Antibakteri Tak Manjur Usir Bau Tak Sedap

- detikHealth
Jakarta -

Bahan tekstil yang diklaim bisa membunuh bakteri penyebab bau badan, sedang populer di Kanada. Khawatir banyak yang termakan klaim tersebut, para ilmuwan melakuan pengujian dan hasilnya tak seampuh yang digembar-gemborkan.

Menurut para ilmuwan dari University of Alberta, kaus kaki dan aksesoris lain dari bahan tersebut hanya bekerja dengan baik di laboratorium. Begitu bersentuhan dengan kulit manusia, kemampuannya menangkal bau badan disebut hampir tidak kelihatan.

Sang peneliti, Rachel McQueen melakukan serangkaian eksperimen untuk membuktikan hal itu. Salah satunya dengan meletakkan bahan-bahan tekstil tersebut di bawah ketiak yang telah dilapisi film. Setelah 24 jam, lapisan tersebut diamati di laboratorium.

Secara umum, tim peneliti menemukan bahwa pengujian di laboratorium saja (in vitro) tidak sama hasilnya dengan pengujian pada manusia (in vivo). Sedangkan untuk pengembangan produk teksil, pengujian di laboratorium relatif lebih umum dilakukan.

"Ini hanya spektrum nyata tentang seberapa efektif. Jadi saya mungkin akan bilang, dari sudut pandang pengguna, jika Anda beli sesuatu yang diklaim antimikroba, kemungkinan tidak demikian," katanya, dikutip dari Dailymail, Senin (29/9/2014).

(up/vta)