Senin, 20 Okt 2014 11:28 WIB

Gaya Sehat Jokowi

Meski Rajin Minum Jamu, Presiden Jokowi Harus Jaga Makan Agar Tetap Sehat

- detikHealth
Foto: detikFoto
Jakarta - Sudah sejak lama Joko Widodo alias Jokowi rajin minum jamu. Mungkin jamu itulah yang membuat Jokowi tetap berstamina meski rajin belusukan. Meski jamu yang diminum membuat Jokowi trengginas, namun laki-laki yang baru saja resmi jadi Presiden RI ini disarankan untuk tetap menjaga pola makannya.

"Jangan sampai sudah minum jamu untuk menambah stamina, tapi makannya nggak bagus. Kalau begitu ya nanti tubuh rusak," ujar ahli herbal dari Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, Abdul Mun'im, MSi, PhD, dalam perbincangan dengan detikHealth, Senin (20/10/2014).

Jamu yang selama ini dikonsumsi Jokowi adalah temulawak, jahe, dan kunyit. Sudah 14 belas tahun ini Jokowi juga gemar minum tumbukan kacang hijau yang diseduh dengan air temulawak plus madu. Istri tercintanyalah, Iriana Jokowi, yang rajin meracik ramuan itu.

"Pasti ada tim di belakangnya yang menyiapkan dan mengingatkan pola makan berimbang. Jangan sampai kita merasa badan sehat, nggak merasa lapar, terus akhirnya nggak makan. Ini nggak boleh," lanjut Abdul Mun'im.

Terkait makan, sesibuk apapun, Jokowi berupaya untuk tidak melewatkan makan. Sebab dari mana lagi energi berasal kalau bukan dari makanan. Dengan tidak melewatkan jam makan, Jokowi juga juga terhindar dari dari sakit maag.

Sepertinya Jokowi tahu benar manfaat pola makan teratur. Sebab pola makan yang tidak teratur bisa menyebabkan ketidakseimbangan gizi.

Pada saat sarapan, Jokowi memang jarang sekali makan makanan berat. Dia lebih memilih makanan yang lebih ringan namun mengenyangkan seperti roti dan buah.

Namun menurut Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, suksesor Jokowi di DKI Jakarta, Jokowi kadang telat makan. Hal itu terungkap saat Jokowi dan Ahok menggelar silaturahim dengan ribuan pengurus RT/RW, kelurahan dan kecamatan di Jakarta, yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta Pusat, pada 16 Oktober lalu.

"Dia bisa makan agak telat, saya belum bisa. Bisa dilihat kan siapa yang makan lebih banyak," kata Ahok disambut tawa para hadirin.

(vit/up)