Selasa, 21 Okt 2014 15:35 WIB

Meski Idap Down Syndrome, Holeve Tak Menyerah Menjadi Petarung

- detikHealth
Foto: garrettsfight.org Foto: garrettsfight.org
Florida - Atlet cabang olahraga bela diri Mixed Martial Art (MMA) dikenal sebagai atlet tangguh baik fisik maupun mental yang tidak mudah menyerah. Oleh karena itu, penonton setia olahraga ini tentu terkejut mendengar seorang pengidap down syndrome akan bertanding di ring MMA.

Berasal dari Florida, Amerika Serikat, Garrett Holeve (25) adalah seorang pengidap down syndrome yang menaruh perhatian besar pada olahraga MMA. Holeve serius berlatih sejak empat tahun yang lalu dengan harapan dapat mengikuti olahraga sebagai atlet profesional.

Ternyata harapan Holeve tersebut didengar oleh badan MMA kelas amatir, Spire Sanctioning. Pada tanggal 8 November 2014 ia dijadwalkan akan bertarung melawan David Steffan, seorang atlet olimpiade spesial yang terlahir dengan cerebral palsy.

"Ini berarti segalanya bagi saya," kata Holeve seperti dikutip dari Foxnews pada Selasa (21/10/2014).

Pertandingan Holeve mendatang adalah pertandingan resmi perdananya di atas ring. Didukung oleh lembaga Fight For Autism dan National Down Syndrome Society (NDSS), Holeve berlatih empat jam dalam sehari dan diet makanan tinggi protein.

"Sekarang saya hanya ingin fokus pada pertandingan. Saya hanya ingin mengalahkannya (Steffan -red). Sabuk itu milik saya bukan punya dia," ujar Holeve.

Meski menuai beberapa kritikan, Ayah dari Holeve, Mitch, mengatakan ia mengizinkan anaknya bertarung karena ia mengerti dan tahu bahwa Holeve tidak bisa dihentikan jika sudah menginginkan sesuatu.

Rencananya pertandingan akan dilakukan di Missouri, Amerika Serikat, dan sudah sekitar 123.000 tiket pertandingan terjual.

(vit/vit)
News Feed