Jumat, 24 Okt 2014 10:33 WIB

Langsung Pingsan Begitu Lihat Darah, Gangguan Tensi atau Fobia?

- detikHealth
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Melbourne - Mungkin Anda tak habis pikir bila mengetahui ada teman atau saudara yang mudah pingsan atau pening hanya karena menonton film perang yang berdarah-darah di TV atau melihat darah saat tangannya sendiri teriris pisau.

Namun ternyata orang-orang yang gampang pingsan ketika melihat darah ini tidaklah susah ditemukan. Diperkirakan jumlahnya mencapai 2-4 persen dari keseluruhan populasi.

Anehnya, hingga kini belum ada pakar yang mengetahui mengapa hal ini terjadi. "Kami benar-benar tak tahu bagaimana ini bisa terjadi," tandas pakar kardiologi Dr Susan Corcoran seperti dikutip dari ABC Australia, Jumat (24/10/2014).

Selanjutnya, Dr Corcoran yang berasal dari Baker IDI Heart and Diabetes Institute ini menjelaskan bahwa normalnya, tubuh setiap orang mempunyai sistem khusus yang dapat mengimbangi perubahan yang terjadi saat tubuh 'diajak' berdiri.

Otak menangkap adanya penurunan aliran darah ke tubuh bagian atas lantas mengirim 'pesan' ke pembuluh darah di kaki dan pinggul lewat serabut-serabut saraf agar pembuluh darah tersebut mengencang sehingga aliran darah cadangan dipaksa keluar untuk memulihkan aliran darah.

"Tapi kalau Anda rentan pingsan, maka pengiriman pesan dari otak Anda tidaklah begitu efisien. Akibatnya darah jadi menggumpal di tubuh bagian bawah. Anda akan mulai tak enak badan dan tensi Anda drop, lalu tubuh Anda terjatuh begitu saja," terangnya.

Lantas apa penyebab pingsan? Menurut Dr Corcoran, seperenam kasus pingsan disebabkan oleh adanya gangguan jantung. Penyebab lain adalah gangguan pada pengendalian tekanan darah dan ada juga orang yang pingsan sebagai bentuk respons terhadap stresor atau sumber stres tertentu.

Misal berdiri terlalu lama, cuaca panas dan dehidrasi. Kebetulan ketiganya sering dikatakan sebagai pemicu pingsan yang paling populer. Mekanisme yang sama mungkin dapat menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi pada orang-orang yang mudah pingsan karena melihat darah.

"Mungkin (gangguan pada pengendalian tekanan darah) tadi bisa menjadi penyebab orang mudah pingsan saat melihat darah," timpal Dr Corcoran.

Lagipula biasanya orang-orang semacam ini juga mudah kehilangan kesadaran karena melihat jarum atau disuntik maupun ketika merespons rasa sakit tertentu.

Selain itu, Dr Corcoran mengungkapkan bahwa pingsan dapat disebabkan oleh emosi tertentu. "Seperti yang ada di film-film, Anda diberitahu bila kerabat Anda meninggal lalu Anda tiba-tiba pingsan. Tapi ini hanya terjadi pada yang rentan saja," ungkapnya.

Uniknya, mudah kehilangan kesadaran karena menyaksikan darah digolongkan sebagai salah satu gejala dari fobia darah, tepatnya di 'fobia darah yang disebabkan cedera dan injeksi'. Bahkan hal ini telah diakui para psikiater dan tercantum dalam kitab acuan gangguan mental, Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders.

(lil/up)