Minggu, 26 Okt 2014 09:14 WIB

Jalin Kerjasama, FKUI dan Dinkes DKI Luncurkan First Respond Community

- detikHealth
Foto: Firdaus/detikHealth
Jakarta - Tim Bantuan Medis (TBM) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta pada hari Sabtu (25/10/2014) luncurkan program Teenage First Respond Community (TFRC) dalam rangka meningkatkan pengetahuan pertolongan pertama di kalangan masyarakat.

Program dibuat karena angka korban kecelakaan di Indonesia dinilai masih tinggi. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 dari Kementerian Kesehatan RI, jumlah kejadian cedera paling banyak terjadi di jalan raya yaitu sekitar 42,8 persen disusul dengan kejadian di rumah sekitar 36,5 persen.

Ketua TBM FKUI, Luther Holan Parasian, mengatakan TFRC dibentuk dengan program sosialisasi kepada siswa SMU di seluruh tiga angkatannya agar ilmu yang disampaikan berkesinambungan. Diharapkan para siswa tersebut nantinya dapat menjadi kader di lingkungannya dan dapat bergerak cepat jika ada yang membutuhkan bantuannya.

"Nanti rencananya TRFC akan mulai dilakukan pada siswa SMAN 8 Jakarta dan SMA Santa Ursula Jakarta. Sampai saat ini belum ada jadwal pasti karena masih menyesuaikan dulu dengan jadwal kurikulum sekolah, tapi targetnya tahun 2015 sudah jalan," kata Luther ditemui pada acara Emergency Fair and Festival, Perpustakaan UI, Depok, seperti ditulis Minggu (26/10/2014).

Kepala Bidang Penanggulangan Masalah Kesehatan Masyarakat, Dinkes DKI Jakarta, dr John Marbun, M.Kes, mengatakan pihaknya dengan senang hati akan membantu kegiatan tersebut. Kondisi jalanan Jakarta yang macet membuat tim gawat darurat sulit datang tepat waktu, sehingga diharapkan dengan adanya banyak kader TFRC pertolongan pertama dapat dilakukan terlebih dahulu untuk menyelamatkan jiwa.

"Lima tahun ke depan kita mau create first medical responder ini di sekolah-sekolah karena mereka ini nantinya akan jadi relawan. Relawan untuk dirinya sendiri, keluarga, sekolah, dan masyarakatnya. Jadi kita bersama dengan teman-teman dari dinas pendidikan akan bergabung untuk ini karena mereka yang punya siswanya," kata John saat ditemui pada acara yang sama.

Sebagai bentuk komitmennya, John mengatakan Dinkes DKI telah menyiapkan sekitar 50 ambulans dan 30 instruktur yang siap diperbantukan kepada TBM saat melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah.

Berkaitan dengan hal tersebut, peluncuran TFRC juga dibarengi dengan kegiatan seminar dan workshop pertolongan pertama pada kecelakaan untuk umum yang dihadiri 162 orang.

(up/up)
News Feed