Minggu, 26 Okt 2014 17:45 WIB

Menyambut Menkes Baru

Prof Nila Moeloek, Menkes Baru yang Jadi Korban 'PHP' 5 Tahun Lalu

- detikHealth
Jakarta - Susunan kabinet yang akan membantu pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla telah diumumkan. Posisi Menteri Kesehatan ditempati Prof Dr Nila F Moeloek, SpM(K), nama yang 5 tahun lalu sudah 'hampir' dilantik untuk jabatan yang sama.

Dokter kelahiran Jakarta, 11 April 1949 ini mencuat namanya saat mengikuti audiensi calon menteri di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tahun 2009. Saat itu ia disebut-sebut sebagai calon kuat menteri kesehatan, namun mendadak batal ditunjuk di saat-saat terakhir.

Diberitakan detikHealth sebelumnya, karangan bunga dan ucapan selamat bahkan sudah berdatangan di kediaman Prof Nila Moeloek. Di kalangan anak gaul masa kini, istilah populer untuk menggambarkan situasi seperti ini adalah 'korban PHP' (Pemberi Harapan Palsu).

Presiden SBY kala itu justru menunjuk nama yang tidak terduga, Dr Endang Rahayu Sedyaningsih, sebagai Menteri Kesehatan. Belakangan Menkes Endang mengundurkan diri dengan alasan kesehatan, dan kemudian meninggal dunia karena kanker paru pada 2012. Sebagai penggantinya, Presiden SBY menunjuk Dr Nafsiah Mboi yang ketika itu menjabat Sekretaris Komisi Pengendalian AIDS Nasional (KPAN).

Meski batal menjadi menteri kesehatan, Prof Nila diberi kepercayaan sebagai Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk Millennium Development Goals (MDGs). Salah satu tantangan yang dihadapinya adalah menurunkan kasus HIV-AIDS dan angka kematian ibu dan anak.

Jabatan yang diembannya saat ini antara lain Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Mata (Perdami) dan Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan Pusat. Sehari-hari, Prof Nila juga mengajar di almamaternya, Departemen Mata, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Namanya tercatat pula sebagai Staf Ahli Divisi Tumor Mata di RS Cipto Mangunkusumo Kirana. Kepedulian terhadap penyakit kanker membuatnya dipercaya sebagai Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI) periode 2011-2016.

Prof Nila merupakan istri dari Prof Dr Farid Anfasa Moeloek, SpOG, menteri kesehatan di era Presiden BJ Habibie.

BIOGRAFI

Nama:
Prof Dr dr Nila Djuwita F Moeloek, SpM(K)

Nama Panggilan:
Nila

Tempat dan tanggal lahir:
Jakarta, 11 April 1949

Suami:
Prof Dr dr H Farid Anfasa Moeloek, SpOG (Mantan Menteri Kesehatan)

Pendidikan:
- S3 Ilmu Kedokteran FKUI dengan disertasi Model Diagnostik Pemeriksaan Tumor Orbita dalam Upaya Penemuan Tumor Orbita Lebih Dini
- Spesialis Mata FKUI
- S1 FKUI

Karir:
Ketua Medical Research Unit FKUI (2007-2009)
Dokter Spesialis Mata Klinik Mata Talang
Dokter Spesialis Mata RS Cipto Mangunkusumo
Guru Besar FKUI

Organisasi:
- Anggota KORPRI RS Cipto Mangunkusumo
- Ketua Umum Dharma Wanita Persatuaan
- Ikatan Dokter Indonesia (IDI)
- Ketua Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami)
- Anggota International Society Orbital Disorder, Oculoplastic and Lacrimal Surgery
- Ketua/Anggota Seminat Tumor Mata-Plastik Rekonstruksi Perdami

(up/up)
News Feed