Senin, 17 Nov 2014 09:06 WIB

Ciuman 10 Detik, 80 Juta Kuman Berpindah Tempat

- detikHealth
Jakarta -

Berciuman adalah aktivitas yang melibatkan kontak fisik, dan oleh karenanya perpindahan kuman tidak terhindarkan. Tiap berciuman selama 10 detik, diperkirakan 80 juta kuman berpindah tempat dari satu orang ke orang lain.

Meski demikian, para ilmuwan punya penjelasan bahwa perpindahan kuman tersebut tidak selalu membahayakan. Bahkan, para ilmuwan menilainya bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga lebih kebal terhadap penularan penyakit tertentu.

"Kami ingin mengetahui sejauh mana partner saling bertukar mikrobiota, dan ternyata, makin sering pasangan berciuman, makin sama mikrobiota dalam tubuhnya," kata sang ilmuwan, Remco Kort dari Netherlands Organisation for Applied Scientific Research.

Dikutip dari Dailymail, Senin (17/11/2014), Kort mengungkap fakta tersebut setelah mengamati 21 pasangan yang berciuman. Dalam laporan yang dipublikasikan di jurnal Microbiome, Kort mengatakan bahwa para pasangan cenderung mempunyai komposisi mikrobiota yang mirip.

Tidak semua dari mikrobiota tersebut adalah kuman berbahaya. Sebagian di antaranya adalah kuman baik yang justru meningkatkan kekebalan tubuh terhadap risiko penularan penyakit tertentu, yang tidak dirinci secara detail oleh Kort.

Normalnya, menurut Kort, manusia mempunyai miliaran bakteri di tubuhnya. Bersama-sama, bakteri tersebut membentuk mikrobiota atau sekumpulan kuman yang sebagian di antaranya memegang peran penting dalam sistem imun dan sistem pencernaan.

(up/up)