Jaga Tubuh dan Pikiran Tetap Sehat Saat Liburan dengan Cara Ini

ADVERTISEMENT

Jaga Tubuh dan Pikiran Tetap Sehat Saat Liburan dengan Cara Ini

- detikHealth
Rabu, 24 Des 2014 18:04 WIB
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Masa liburan adalah saat yang tepat untuk melepas pikiran dari stres. Tapi kebanyakan orang terlena dan lebih memilih untuk berbaring santai di kasur tanpa beraktivitas di luar.

Hal ini tentu akan berdampak pada pola makan yang tidak teratur. Akibatnya, tubuh rentan terkena penyakit dan berat badan pun dapat meningkat drastis. Tapi, tak perlu khawatir akan hal itu.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga tubuh dan pikiran tetap fit selama liburan. Erik Wijaya, MSi, dosen psikologi dari Universitas Tarumanagara mengungkapkan bahwa untuk menjaga agar pikiran tetap sehat dibutuhkan waktu untuk hening.

Yang dimaksud dengan hening adalah meditasi singkat dan sederhana. Misalnya dengan meluangkan waktu sekitar 5 sampai 10 menit untuk fokus pada satu hal positif sembari mendengarkan instrumen musik. Hal ini dianggap dapat membantu menjaga pikiran agar tetap sehat mental di waktu liburan.

"Sebaiknya selama melakukan hening fokus pada satu pikiran di masa kini. Bukan masa lalu ataupun masa depan. Coba untuk mensyukuri hal-hal yang diperoleh pada hari ini," ujar Erik kepada detikHealth beberapa waktu lalu dan ditulis pada Rabu (24/12/2014). Menurut Erik, dengan berpikir positif tentunya pikiran akan terus terjaga dalam kondisi yang sehat mental. Liburan pun akan terasa lebih menyenangkan.

Hal ini sejalan dengan pemikiran psikolog klinis Debora Basaria, MPsi mengatakan "Sebisa mungkin memandang hal-hal positif di sekeliling yang sederhana dan kasat mata saja. Hal ini untuk menghindari tingkat stres sewaktu berlibur," tuturnya.

Cara lainnya yang baik untuk mempertahankan kondisi agar tetap sehat secara fisik maupun mental selama liburan tak lain adalah hiking. Seperti yang dikutip dari Livestrong, mendaki gunung juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menghilangkan stres. Melalui mendaki gunung, ada panorama yang sejuk dan indah untuk menyegarkan pikiran.

Para pakar sepakat bahwa olahraga mendaki gunung terbukti ampuh meminimalkan stres. Hiking terbukti dapat meningkatkan produksi hormon endorfin (hormon yang mengatur mood).

Tak hanya itu, olahraga voli pantai ternyata terbukti mampu menjaga agar tubuh dan pikiran tetap sehat. Seperti dikutip dari BBC, voli pantai merupakan olahraga yang baik untuk memperbaiki keseimbangan tubuh. Permainan voli pantai juga efektif untuk daya tahan otot dan terbukti ampuh membakar kalori sekitar 526 selama satu jam bermain.

Bahkan tak hanya itu, olahraga hebat ini dapat mengasah pikiran seseorang dalam menentukan strategi bermain. Jadi, meskipun berada dalam masa libur, pikiran Anda tak akan menjadi tumpul. Ingat ya, jangan biarkan pikiran negatif atau bahkan penyakit menggerogoti tubuh dan pikiran Anda. Nikmatilah waktu berlibur Anda dengan terus berolahraga dan berpikir positif.

(ajg/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT