Kamis, 08 Jan 2015 13:33 WIB

Menteri Basuki Janjikan Rumah untuk Tenaga Kesehatan di Pelosok

- detikHealth
Jakarta - Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Kementerian Kesehatan memprioritaskan pembangunan kesehatan mulai dari daerah perifer atau pinggiran. Salah satu yang akan diperkuat adalah infrastruktur layanan kesehatan.

Menteri Kesehatan Prof Nila F Moeloek mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Akses air bersih dan transportasi menuju fasilitas layanan kesehatan termasuk prioritas yang akan dikerjakan bersama.

Selain itu, infrastruktur yang dibutuhkan oleh para tenaga kesehatan juga menjadi perhatian kedua pihak. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, daerah-daerah terisolir akan mendapat prioritas dalam pengadaan tempat tinggal untuk tenaga kesehatan.

"Berikutnya akan menyediakan fasilitas rumah bagi petugas medis yang terisolir, seperti Yahukimo dan daerah perbatasan. Itu jadi tugas Kementerian PUPR," kata Menteri Basuki, ditemui di Gedung Kementerian Kesehatan, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (8/1/2015).

Dikatakan oleh Menkes Nila, ada 150 lokus atau tempat di seluruh Indonesia yang akan menjadi prioritas pembangunan tersebut. Sebagian besar dikategorikan sebagai daerah perifer, yang berada di pelosok-pelosok dan perbatasan.

Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran Kementerian Kesehatan, dr Slamet MHP merinci ada 187 kabupaten dan kotamadya yang termasuk prioritas DTPK (Daerah Tertinggal Perbatasan dan Kepulauan). Selain itu, ada pula 64 kabupaten dan kotamadya di 9 provinsi yang menjadi prioritas MDGs (Millenium Development Goals).

Daerah dengan IPKM (Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat.) rendah tercatat 69 kabupaten dan kotamadya. Selain itu, fasilitas puskesmas yang belum memenuhi standar juga masih ditemukan di lebih dari 100 kabupaten dan kotamadya.

"Tapi ada tambahan juga dari Kementerian PUPR, sebanyak 50 daerah kumuh. Nanti baru akan dirapatkan, berapa yang akan diprioritaskan," kata dr Slamet.



(up/vit)