Tanda Awal Osteoarthritis: Lutut Terasa Sakit Saat Naik Tangga

ADVERTISEMENT

Tanda Awal Osteoarthritis: Lutut Terasa Sakit Saat Naik Tangga

- detikHealth
Kamis, 22 Jan 2015 11:00 WIB
ilustrasi (Foto: thinkstock)
Leeds, Inggris - Saat lutut terasa nyeri dan mungkin berbunyi "krek.. krek.." ketika naik tangga, Anda harus waspada. Pasalnya peneliti dari Inggris menemukan hal tersebut bisa jadi tanda awal penyakit degeneratif osteoarthritis atau lutut kopong.

Pemimpin studi, Philip Conaghan dari University of Leeds, Inggris, mengatakan hingga kini sebenarnya masih sedikit pemahaman medis tentang apa tanda-tanda awal munculnya osteoarthritis. Sering orang baru bisa mengetahui penyakit jika fungsi tubuh sudah sangat terpengaruh.

"Mengetahui tanda awal dapat membantu kita untuk mengintervensi sejak dini, atau mungkin bisa membuka cara-cara baru yang lebih efektif untuk mengobati kondisi menyakitkan ini," ujar Conaghan dikutip dari edaran resmi universitas, leeds.ac.uk, pada Kamis (22/1/2015).

Studi yang telah dipublikasi di jurnal Arthritis Care & Research melihat 4.673 orang yang berisiko tinggi terkena osteoarthritis dan peneliti mencatat keluhan apa yang sering mereka rasakan. Selama tujuh tahun partipisan tersebut mengisi survei berkala.

Hasilnya, menaiki tangga adalah aktivitas berat pertama di mana biasanya orang mulai menyadari pertama kali rasa sakit pada sendinya.

Seiring berjalannya waktu sakit kemudian terasa semakin intens hingga aktivitas seperti berjalan, berdiri, merebahkan diri, dan duduk menjadi sakit.

Conaghan menyarankan bagi orang yang merasa lututnya sakit saat naik tangga agar berolahraga ringan seperti bersepeda. Olahraga dimaksudkan untuk mengurangi berat dan memperkuat otot paha yang keduanya bisa berkontribusi mengurangi beban pada lutut.

Jika dalam beberapa minggu rasa sakit tidak berkurang atau malah semakin parah disarankan untuk menemui dokter atau ahli fisioterapi.

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT